Situs Dakwah & Informasi Islam

Pelayanan Mobil Ambulans Untuk Muslimin

PELAYANAN MOBIL AMBULANS UNTUK MUSLIMIN

ambulance-yayasan-alsofwa1A. Latar Belakang

Kesehatan adalah kebutuhan dasar yang sangat penting bagi manusia. Harga sebuah kesehatan akan terlihat menjadi sangat mahal ketika seseorang mengalami sakit. Bagi sebagian kita bisa jadi kebutuhan sehat akan mudah teraih baik di kala sehat maupun sakit. Namun bagi masyarakat kelas bawah atau kurang mampu, kesehatan adalah barang yang sangat mahal dan sulit untuk menjangkaunya. Untuk sekedar hidup secara sehat saja mereka harus memeras pikiran dan tenaga apalagi jika harus menghadapi musibah yang datang menimpa, tidak cukup dua kali lipatnya mereka bersusah payah untuk meraih harga sebuah kesehatan. Keterbatasan dana dan sulitnya akses untuk mendapatkan layanan kesehatan menjadi salah satu faktor yang membuat mereka hanya bisa berpasrah diri dengan sakit yang diderita tanpa penanganan medis yang layak.

Pemerintah memang telah banyak membuat kebijakan-kebijakan terkait program kesehatan yang melibatkan masyarakat kelas bawah atau kurang mampu. Namun demikian krisis ekonomi yang melanda negeri ini membuat jumlah masyarakat kurang mampu kian bertambah. Akibatnya, kebutuhan layanan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu semakin sulit untuk dipenuhi oleh pemerintah daerah. Seleksipun menjadi lebih ketat dan nilai nominal porsi dana bantuan pun menjadi semakin mengecil. Sementara penggunaan fasilitas-fasilitas kesehatan pun semakin terbatas akses pemanfaatannya khususnya bagi masyarakat kelas bawah atau kurang mampu.

Berangkat dari situasi yang dipaparkan di atas itulah, maka Yayasan Al-Sofwa tergerak untuk meringankan beban masyarakat kelas bawah, kurang mampu atau dhuafa di dalam mendapatkan dan memanfaatkan sarana layanan kesehatan. Salah satu cara yang diprogramkan untuk layanan kesehatan oleh Yayasan Al-Sofwa adalah layanan mobil kesehatan dan ambulans untuk dhuafa.

B. Signifikansi Program Pelayanan Mobil Sehat / Ambulans

Pemilihan program pada bidang layanan mobil kesehatan dan ambulans untuk dhuafa adalah di dasarkan pengalaman Yayasan Al-Sofwa, dalam keadaan darurat, masyarakat kaum dhuafa seringkali terkendala tidak tersedianya sarana mobil yang mempercepat mengantarkan keluarga mereka ke klinik ataupun rumah sakit terdekat.

Biasanya mereka terganjal oleh ketidaksiapan dan ketidaktersediaan dana untuk menyewa mobil ambulans. Selain itu juga terganjal dengan minimnya informasi untuk akses layanan mobil tersebut. Akibatnya sangat sering mereka menggunakan angkutan umum yang sebenarnya sangat tidak layak untuk membawa orang sakit dan jenazah atau bahkan membiarkannya sama sekali.

Di sisi lain, terkait aktivitas Yayasan Al-Sofwa di dalam program tanggap darurat untuk daerah bencana, kebutuhan sarana mobil layan sehat dan ambulans menjadi hal yang tidak boleh diabaikan. Hal ini dirasakan oleh Tim Tanggap Darurat Yayasan Al-Sofwa ketika menjalankan aktivitasnya di daerah bencana seperti Gempa dan Tsunami Aceh dan Sumatera Barat, Bencana Merapi, Gempa Bantul, Gempa Tasikmalaya dan beberapa daerah bencana lainnya. Penggunaan mobil MPV biasa seperti Toyota Kijang terasa sangat tidak leluasa di dalam menjalankan aktivitas sosial tanggap bencana, seperti penyaluran bantuan, pengiriman relawan, ataupun evakuasi korban cedera atau meninggal, sehingga kebutuhan akan adanya mobil barang dan ambulans sangatlah mendesak.

Dari uraian di atas, kebijakan di bidang kesehatan khususnya layanan mobil sehat dan ambulans adalah layak untuk diprogramkan baik untuk layan sehat masyarakat kelas bawah, kurang mampu atau dhuafa serta juga untuk layan korban bencana. Di lapangan, program yang dapat dilaksanakan dengan sarana mobil ambulans ini adalah antar jemput pasien yang sakit, antar jenazah ke pemakaman, dan tanggap darurat bencana alam. Diharapkan program ini nantinya akan menjadi salah satu solusi yang sedikit banyak dapat meringankan beban masyarakat kurang mampu di bidang kesehatan.

C. Landasan Pemikiran

Keberhasilan program ini tidak terlepaskan dari peran kita bersama di dalam mengguggah kesadaran dan semangat kita untuk segera bertindak nyata membantu meringankan kesulitan dan meminimalisir kendala di dalam pelayanan kesehatan untuk masyarakat kurang mampu atau dhuafa.

Sikap saling membantu untuk meringankan kesulitan yang dialami oleh sesama termasuk perilaku yang sangat dianjurkan oleh perintah agama. Allah berfirman:

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

“dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. dan bertakwalah kamu kepada Allah, Sesungguhnya Allah Amat berat siksa-Nya.” (QS. Al-Maa’idah : 2).

Lebih dari itu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menegaskan di dalam sabdanya:

وَالله ُفِي عَوْنِ الْعَبْدِ مَا كَانَ الْعَبْدُ فِي عَوْنِ أَخِيهِ» رَوَاهُ مُسْلِمُ

“Dan Allah senantiasa membantu seorang hamba, selama ia mau membantu saudaranya.” (H.R. Muslim).

Sungguh menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain adalah sesuatu yang menakjubkan. Di saat banyak orang bersikap masa bodoh dan tidak peduli, justru kita bergerak membantu dan menyapa mereka yang membutuhkan uluran tangan. Bahkan kitapun akan merasa ternyata uluran tangan kita tidaklah menjadi penyempit dada kita, namun justru kebahagiaan mereka dan ungkapan syukur mereka menjadi siraman yang menyejukkan bagi diri kita, melapangkan dada kita dan menambah rizki kita. Tentunya hal ini akan terasa bilamana tindakan nyata kita ini tidak lepas dari niat ikhlas pada diri kita di dalam menyempurnakan ibadah kepada Allah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

« إِنَّ اللَّهَ قَالَ لِى أَنْفِقْ أُنْفِقْ عَلَيْكَ ». وَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « يَمِينُ اللَّهِ مَلأَى لاَ يَغِيضُهَا سَحَّاءُ اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ أَرَأَيْتُمْ مَا أَنْفَقَ مُذْ خَلَقَ السَّمَاءَ وَالأَرْضَ فَإِنَّهُ لَمْ يَغِضْ مَا فِى يَمِينِهِ ».

“Allah Ta’ala berfirman padaku, ‘Berinfaklah kamu, niscaya Aku akan berinfak (memberikan ganti) kepadamu.’ Dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Pemberian Allah selalu cukup, dan tidak pernah berkurang walaupun mengalir siang dan malam. Adakah terpikir olehmu, sudah berapa banyakkah yang diberikan Allah sejak terciptanya langit dan bumi? Sesungguhnya apa yang ada di Tangan Allah, tidak pernah berkurang karenanya.” (HR. Al-Bukhari no. 4684 dan Muslim no. 993)

D. Tujuan

Keberadaan sarana mobil layan sehat / ambulans bertujuan untuk:

  1. Membantu meringankan beban masyarakat yang terkena musibah sakit dan kematian khususnya masyarakat kelas bawah atau dhuafa.
  2. Mempermudah masyarakat kelas bawah atau dhuafa mendapatkan akses fasilitas layanan kesehatan dan ambulans.
  3. Membahagiakan saudara-saudara kita dengan memfasilitasi dhuafa dari sisi kesehatan dan penyelenggaraan kematian.
  4. Menumbuhkan sifat kepedulian, persaudaraan dan saling tolong-menolong terhadap sesama.
  5. Mempermudah dan memperlancar pelaksanaan aktivitas tanggap darurat di daerah bencana.

E. Bentuk dan Fungsi Kegiatan

Kegiatan yang dilaksanakan terkait sarana mobil layan sehat / ambulans adalah:
a. Layanan gratis antar jemput pasien yang sakit.
Pasien yang terhubung dengan Posko Ambulans akan diantar ke klinik atau rumah sakit terdekat guna mendapatkan tindakan medik.
b. Layanan gratis antar jenazah.
Pengantaran jenazah menuju lokasi pemakaman untuk wilayah Jadebotabek.
c. Layanan kesehatan gratis.
Kegiatan ini terkait dengan program kesehatan tertentu seperti pada kegiatan pengobatan gratis, mobil sehat keliling dan sejenisnya.
d. Layanan tanggap darurat bencana alam.
Kendaraan ambulans ini dapat berfungsi untuk evakuasi korban bencana alam, bantuan penyaluran obat-obatan dan sembako atau pengobatan gratis keliling di lokasi bencana.

F. Sasaran

Sasaran layanan mobil layan sehat / ambulans adalah:
a. Kaum Muslimin secara umum.
b. Korban bencana alam.

G. Lokasi Posko Mobil Layan Sehat / Ambulans

Masjid Al-Sofwa Jl. Raya Lenteng Agung Barat No.35 Jakarta Selatan 12610
Telp. 021-78836327, Fax. 021-78836326

H. Anggaran Pengadaan Mobil Layan Sehat / Ambulans

Satu unit mobil layan sehat / ambulans, lengkap dengan peralatan medis sederhana seharga ± Rp. 200.000.000,- (Dua Ratus Juta Rupiah)

I. Spesifikasi Mobil Layan Sehat / Ambulans

Spesifikasi terlampir

J. Donasi

Donasi dapat berupa :
-    Dana tunai
- Mobil ambulans dengan perlengkapan kesehatan darurat standart Internasional

Untuk donasi bisa diberikan langsung kepada :
Yayasan Al-Sofwa, Jl. Raya Lenteng Agung Barat No.35 Jakarta Selatan 12610
Telp: 021-78836327, Fax: 021-78836326

Atau untuk dana tunai bisa dikirim ke :

  • No. Rek. 307-0012-773 (Bank Mu’amalat)
  • No. Rek. 547-0304-776 (Bank BCA)
  • No. Rek. 127-000-6257-495 (Bank Mandiri)

Bagi donatur yang telah mendonasikan dananya agar mengkonfirmasi via:
a. Telepon 021-78836327
b. SMS dengan format: Nama/Alamat/Melalui Bank/Jumlah Transfer kirim ke 021-32006233 ataupun
c. e-mail : info@alsofwah.or.id

K. Penutup

Demikianlah program ini kami buat sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap sesama dalam rangka meringankan beban hidup kaum dhuafa dan terdorong dari suatu keinginan yang kuat untuk menjadi manusia yang bermanfaat bagi sekitarnya.

Kami menyadari bahwa kegiatan ini tidak dapat terlaksana dengan baik tanpa peran serta dan dukungan semua pihak. Oleh karena itu, partisipasi dan dukungan Anda senantiasa kami harapkan.

Atas perhatian dan kerjasama Anda, kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Semoga Allah membalas dengan balasan yang berlipat ganda. Amin

Jakarta, Maret 2011

Pelaksana Program

Note:
Berikut kami paparkan laporan pemanfaatan ambulans gratis untuk kaum muslimin beserta tabel pemanfaatan mobil ambulans gratis dan dokumentasi kegiatan.

Download :

Laporan Pemanfaatan Mobil Ambulance Gratis Desember 2012 – 2013 – Yayasan Al-Sofwa Jakarta

Dokumentasi Kegiatan Ambulans Gratis Periode 2012 – 2013 – Yayasan Al-Sofwa Jakarta

Comments are closed.

Artikel Terpopuler

    Senyum Hari Ini

    • Berita Kematian Berita Kematian
      Seseorang dikagetkan dengan berita pada salah satu surat kabar yang sedang dia baca karena...
    Index | |

    SMS Dakwah Gratis Hari Ini

    • Penyebab Ketenangan Dalam Sholat Penyebab Ketenangan Dalam Sholat
       إِنَّ مِنْ تَوْقِيرِ الصَّلاةِ أَنْ تَأتِي قَبْلَ الإِقَامَةِ  Artinya: Sesungguhnya salah satu dari hal...
    Index | |

    Konsultasi Online

    Al-Ustadz Husnul Yaqin, Lc
    Al-Ustadz Amar Abdullah
    Al-Ustadz Saed As-Saedy, Lc

    Temukan Kami


    Yayasan Al-Sofwa

    Jl. Raya Lenteng Agung Barat No. 35
    Kode Pos 12610
    Jakarta Selatan - Indonesia

    Contact Us

    Phone : 62-21-78836327
    Fax : 62-21-78836326
    e-mail : info@alsofwah.or.id

    Statistik