Situs Dakwah & Informasi Islam
Iman

Inikah Takdir Allah Subhanahu Wata’ala

takdirWahai para pembaca, keimanan kepada takdir Allah adalah bagian dari rukun iman yang keenam, ia tak dapat dipisahkan dari keimanan terhadap rukun iman yang lainnya.

Banyak orang yang meremehkannya, sehingga akhirnya mereka terjerumus kedalam banyak kesalahan dalam masalah takdir, akibat dari ketidaktahuan¬nya, dan ada juga orang-orang yang menyimpang, keluar dari jalur yang telah digariskan, karena mereka membahasnya hanya berdasarkan hawa nafsu dan logika semata, akibatnya mereka tersesat dan menyesatkan, hati mereka tertutup untuk menerima cahaya kebenaran yang telah nyata di hadapan mereka, “Kebenaran itu bagaikan mentari yang bercahaya, akan tetapi ia tersembunyi bagi orang yang buta.” Apakah kita akan seperti mereka…?

Pembaca,-semoga Allah menjaga kita-, di dalam kehidupan ini terkadang kita dapati sebagian orang ketika melakukan perbuatan dosa, seperti mencuri, mabuk-mabukan, berjudi, berzina, dan lain sebagainya, ataupun meninggalkan kewajiban¬nya kepada Allah, seperti shalat, mengeluarkan zakat, puasa di bulan ramadhan, menutup aurat, mereka berdalih dengan taqdir, seraya berkata, “Aku melakukan ini karena takdir dari Allah”, dan lain sebagainya. Ada juga kita dapati sebagian orang ketika dilanda musibah seperti kehilangan sanak saudara, kecelakaan pesawat terbang, tenggelamnya kapal laut, mereka bersabar dan ridha serta menyandarkan semuanya kepada tak¬dir Allah, tapi ada juga di antara mereka menangis secara berlebihan, merobek-robek pakaian mereka, bahkan sampai memukul-mukul pipi mereka, seakan-akan mereka menolak dan tidak terima takdir Allah.
Apakah beralasan dengan takdir atas perbuatan maksiat dan musibah yang menimpa seseorang dibenarkan dalam Islam?

Seorang pelaku maksiat (yang berbuat dosa) tidah boleh berdalih dengan takdir atas kemaksiatan yang dilakukan¬nya, hal ini dikarenakan ia memiliki kehendak dan kemampuan untuk berbuat, dan ia juga tidak mengetahui sebelumnya bahwa Allah telah menakdirkan perbuatan maksiat itu terhadap dirinya.
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata, “Tidak boleh seseorang berdalih dengan takdir atas dosa (yang dilakukannya) Berdasarkan kesepakatan (Ulama) kaum muslimin, seluruh pemeluk agama, dan semua orang yang berakal, seandainya hal ini diterima (dibolehkan), niscaya hal ini dapat memberikan peluang kepada setiap orang untuk melakukan perbuatan yang merugikan, seperti membunuh jiwa, merampas harta, dan seluruh jenis kerusakan di muka bumi, kemudian ia pun beralasan dengan tak¬dir. Ketika orang yang beralasan dengan takdir di zhalimi, dan orang yang menzhaliminya beralasan yang sama dengan takdir, maka hal ini tidak bisa diterima, bahkan kontradiksi, pernyataan yang kontradiksi menunjukan kerusakan pernyataan tersebut, jadi beralasan dengan takdir itu sudah dimaklumi kerusakannya dari awal menurut akal”.

Karena perkara ini menimbulkan banyak bencana, maka kami berusaha memaparkan kepada pembaca sebagian dalil-dalil syar’i, ‘aqli (akal) dan dalil realita, yang menjelaskan kebatilan (kesalahan) berhujjah (beralasan) dengan takdir atas perbuatan maksiat, atau ketika meninggalkan ketaatan kepada Allah

Pertama: berdalil dengan takdir atas perbuatan maksiat termasuk agama orang-orang musyrik.

Allah berfirman yang artinya:

“Orang-orang musyrik berkata”, jika Allah menghendaki, tentu kami dan bapak-bapak kami tidak mem¬persekutukan-Nya dan kami tidak akan mengharamkan apapun”, demikian pula orang-orang yang sebelum mereka yang telah mendustakan (para rasul) sampai mereka merasakan azab Kami. Katakanlah (Muhammad), “Apakah kamu mempunyai pengatahuan yang dapat kamu kemuka¬kan kepada kami? Yang kamu ikuti hanya persangkaan belaka, dan kamu hanya mengira.” (QS. al-An’am: 148)

Kaum musyrikin tersebut berdalil dengan takdir atas perbuatan syirik yang mereka lakukan, seandainya argumen mereka diterima dan benar,niscaya Allah tidak menimpakan azab kepada mereka.

Kedua: firman Allah yang artinya:

“(Mereka kami utus) selaku rasul-rasul pembawa berita gembira dan pemberi per¬ingatan, agar tidak ada alasan bagi manu¬sia untuk membantah Allah sesudah di utus nya rasul-rasul itu.” (QS.an-Nisa’:165).

Seandainya berdalih dengan takdir atas kemaksiatan itu diperbolehkan, niscaya tidak ada alasan lagi bagi Allah untuk mengutus para rasul, namun ternyata Allah tetap mengutus mereka, berarti berhujjah dengan takdir adalah suatu kebatilan yang nyata.

Ketiga: Allah memerintah dan melarang sesuatu dari hamba-Nya, namun Allah tidak menuntutnya kecuali yang mampu ia kerjakan. Allah berfirman, yang artinya,“Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu”. (QS. at-Taghabun: 16).

Kalau manusia dipaksa untuk berbuat sesuatu, artinya disuruh mengerjakan sesuatu yang ia tidak sanggup mengerjakannya, maka hal ini merupakan suatu kesalahan, oleh karena itu, bila maksiat dilakukan karena kebodohan, atau karena lupa, atau karena dipaksa, maka pelakunya tidak berdosa (dimaafkan) oleh Allah.

Keempat: seandainya berdalil dengan takdir semacam ini bisa menjadi argumen dan alasan, niscaya Allah menerima argumen iblis yang mengatakan sebagaimana yang difirmankan oleh Allah, yang artinya:

“(Iblis) menjawab karena Engkau telah menghukumku tersesat, pasti aku akan selalu (menghalangi) mereka dari jalan-Mu yang lurus.” (QS. al-A’raf: 16).

Namun ternyata Allah tidak menerima argumen tersebut, maka sangatlah jelas akan kebatilan berhujjah dengan takdir atas perbuatan dosa (maksiat).

Kelima: Seandainya beralasan dengan takdir itu dibenarkan, niscaya penghuni Neraka akan berargumen dengannya, ketika mereka melihat Neraka dan merasa bahwa mereka akan memasukinya, ketika mereka memasukinya, ketika mereka mulai disiksa dan dihukum, akan tetapi mereka justru mengatakan, sebagaimana firman Allah tentang mereka, artinya:

“Ya Rabb kami, berilah kami kesempatan (kembali kedunia) walaupun sebentar, niscaya kami akan mematuhi seruan-Mu dan akan mengikuti para rasul.” (QS. Ibrahim: 44).

Demikian pula mereka mengatakan, artinya, “Ya Rabb kami, kami telah dikuasai oleh kejahatan kami dan kami adalah orang-orang yang tersesat.” (QS. al-Mu’minun:106).

Mereka juga mengatakan, artinya, “Sekiranya kami (dahulu) mendengarkan atau memikirkan (peringatan itu), tentulah kami tidak terma-suk penghuni Neraka yang menyala-nyala.” (QS. Al-Mulk:10).

Sekiranya berdalih dengan takdir atas kemaksiatan itu diperbolehkan, niscaya mereka berdalih dengannya, karena mereka sangat membutuhkan sesuatu yang dapat menyelamatkan mereka dari siksa neraka jahannam.

Keenam: Di antara jawaban yang dapat diberikan kepada orang yang berdalil dengan takdir ini berdasarkan madzhabnya katakan kepadanya, “Janganlah kamu menikah! Sebab jika Allah menghendakimu memiliki seorang anak, maka anak itu akan datang kepadamu dan jika tidak menghendakinya, niscaya anak tersebut tidak datang (walaupun pasti menikah)”.

Apakah ia menyetujui kita atas pernyataan ini ataukah tidak? Jika ia menyetujui kita, maka kita mengetahui kerusakan akalnya, dan jika menyelisihi kita, maka kita mengetahui kerusakan ucapannya dan kebatilan argumennya.

Ketujuh: Seandainya beralasan dengan takdir atas perbuatan aib dan dosa diperbolehkan, niscaya berbagai kemaslahatan manusia akan banyak terabaikan, anarkisme terjadi dimana-mana, tidak diperlukan lagi hudud (hukuman) dan ta’zir (hukuman peringatan) serta balasan, karena orang yang berbuat keburukan akan beralasan dengan takdir, kita tidak perlu memberikan hukuman kapada orang-orang zhalim, juga perampok dan penyamun, dengan alasan bahwa segala yang terjadi adalah karena takdir Allah, dan perkataan ini tidak pernah diucapkan oleh orang yang berakal.

Yang pasti, argumen kebanyakan dari mereka bukanlah muncul dari qana’ah dan keimanan, tetapi hanyalah muncul dari hawa nafsu dan penentangan. Karena itu, sebagian ulama mengatakan mengenai orang yang demikian keadaannya, “Ketika taat dia menjadi Qadari (pengikut paham qadariyyah) dan ketika bermaksiat, dia menjadi Jabari (pengikut paham Jabariyah), madzhab apapun yang selaras dengan hawa nafsunya, itulah yang akan ia ikuti. Ringkasnya, berargumen dengan takdir atas perbuatan maksiat atau meninggalkan ketaatan kepada Allah adalah argumen yang batil menurut syariat, akal, dan kenyataan (realita).

Adapun berdalil dengan takdir atas suatu musibah yang menimpa, seperti kefakiran, sakit, kematian, kerugian harta, pembunuhan yang tidak disengaja, dan sejenisnya, maka hal tesebut diperbolehkan, ia harus ridha dan rela menerima musibah tersebut serta memuji Allah atasnya seraya mengatakan, “ini telah ditakdirkan Allah, dan Dia berhak berbuat apa saja yang dikehendaki- Nya, hal itu semua telah ditakdirkan oleh Allah, adapun musibah yang berhubungan dengan kasb (yang dapat diusahakan) maka seseorang tidak boleh berdalih dengan takdir.

Sabda Nabi , “Nabi Adam dan Nabi Musa berbantah-bantahan, Nabi Musa berkata kepadanya,” engkau Adam, kesalahanmulah yang telah mengeluarkanmu dari Surga? Nabi Adam menjawab: engkau Musa yang dipilih oleh Allah dengan risalahnya dan engkau berbicara secara langsung dengan-Nya, akankah kamu mencelaku atas suatu perkara yang telah ditakdirkan atasku sebelum aku diciptakan? Maka, nabi Adam dapat membantah nabi Musa. (HR. Muslim).

Berdasarkan teks hadits, jelaslah bahwa Adam tidak berdalih dengan takdir atas kemaksiatan yang dilakukannya, akan tetapi ia hanya berdalih dengan takdir atas dikeluarkannya beliau dari Surga, dan nabi Musa tidak mencela nabi Adam atas dosanya, karena nabi Adam telah memohon ampun kepada Allah dan bertobat.
Maka sebagai penutup, di antara orang yang diperbolehkan berdalih dengan takdir ialah orang yang telah bertaubat dari dosa. Seandainya ada orang yang mencela perbuatan dosa yang dia telah perbuat, maka dia boleh beralasan dengan takdir. Kemudian seseorang tidak boleh mencela orang yang telah bertaubat dari dosanya, sebab yang menjadi pertimbangan ialah kesempurnaan di akhirnya, bukan kekurangan pada permulaannya. Wallahu a’lam.

Maraji’:
- Al-Iman bil Qadha’ wal qadar. (Muhammad bin Ibrahim al-Hamd)
- Syarah Ushulul Iman. (Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Usaimin )
- Al-qadha’u wa al-Qadaru ‘inda as-Salaf (Abu ‘Abdurrahman ‘Ali bin as-Sayyid)
- Muqarrar at-Tauhid.

Leave a Reply

Artikel Terpopuler

Senyum Hari Ini

  • Berita Kematian Berita Kematian
    Seseorang dikagetkan dengan berita pada salah satu surat kabar yang sedang dia baca karena...
Index | |

SMS Dakwah Gratis Hari Ini

  • Penyebab Ketenangan Dalam Sholat Penyebab Ketenangan Dalam Sholat
     إِنَّ مِنْ تَوْقِيرِ الصَّلاةِ أَنْ تَأتِي قَبْلَ الإِقَامَةِ  Artinya: Sesungguhnya salah satu dari hal...
Index | |

Konsultasi Online

Al-Ustadz Husnul Yaqin, Lc
Al-Ustadz Amar Abdullah
Al-Ustadz Saed As-Saedy, Lc

Temukan Kami


Yayasan Al-Sofwa

Jl. Raya Lenteng Agung Barat No. 35
Kode Pos 12610
Jakarta Selatan - Indonesia

Contact Us

Phone : 62-21-78836327
Fax : 62-21-78836326
e-mail : info@alsofwah.or.id

Statistik