Situs Dakwah & Informasi Islam
Arsip Berita

Kegiatan Semarak Ramadhan 1435 H Hingga Pekan Kedua

Al-Sofwa - Kemeriahan Semarak Ramadhan 1435 H di Masjid Jami’ Al-Sofwa semakin lengkap dengan hadirnya berbagai kegiatan dakwah dan sosial yang diselenggarakan oleh Yayasan Al-Sofwa, Jakarta. Hingga penghujung pekan kedua di bulan Ramadhan, berbagai kegiatan telah diselenggarakan, di antaranya sebagai berikut:

1. Penyelenggaraan Shalat Tarawih

DSCN7367Keberkahan bulan Ramadhan telah mengundang antusias kaum Muslimin untuk menghidupkan bulan Ramadhan dengan berbagai aktifitas ibadah termasuk shalat Tarawih. Sebagaimana umumnya masjid-masjid di seluruh pelosok Indonesia tak terkecuali Masjid Jami’ Al-Sofwa di awal bulan Ramadhan dibanjiri oleh kaum Muslimin untuk mendirikan shalat Isya’ dan shalat Tarawih secara berjamaah.

Masyarakat datang berduyun-duyun memadati lantai marmer Masjid Al-Sofwa yang dingin untuk mengerjakan ibadah tersebut. Tak kurang dari 500 orang ruku’ dan sujud kepada Allah mengikuti gerakan imam yang memiliki suara yang merdu dan penuh penghayatan saat membacakan ayat-ayat Al-Qur’an.

Seiring perjalanan waktu, jamaah shalat Tarawih di Masjid Al-Sofwa mengalami penyusutan hingga menyisakan kurang lebih 200 jamaah yang masih istiqomah hingga pekan kedua di bulan Ramadhan. Pemandangan ironis yang sering kita jumpai di masjid-masjid pada umumnya di bulan Ramadhan.

 

2. Buka Puasa Bersama

DSCN7452Selama bulan Ramadhan, Masjid Jami’ Al-Sofwa menyediakan hidangan buka puasa bersama untuk kaum Muslimin di sekitar masjid dan orang-orang yang singgah di masjid.

Panitia buka puasa menyediakan kurang lebih 175 porsi makanan setiap harinya. Makanan tersebut terdiri dari nasi, lauk pauk, sayur, buah dan air mineral. Masyarakat pun ikut berpartisipasi menyukseskan kegiatan ini dengan memberikan sumbangan berupa uang maupun makanan siap saji. Kami selaku Panitia Semarak Ramadhan 1435 H Yayasan Al-Sofwa mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada para muhsinin. Jazakumullah khairan. Semoga Allah Ta’ala menerima amal shalih kita dan melipatgandakan pahalanya di sisi-Nya. Amin.

Prosentasi kehadiran peserta buka puasa berdasarkan jenis kelamin, kaum laki-laki kurang lebih 65 % dan kaum wanita 35 %. Sedangkan prosentasi kehadiran berdasarkan usia, dewasa kurang lebih 55 % dan anak-anak 45 %. Prosentasi kehadiran ini senantiasa mengalami perubahan setiap harinya mengikuti situasi dan kondisi.

 

3. MTQ (Musabaqoh Hifzhul Qur’an) Tingkat TPA/TPQ

IMG3328Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada bulan Ramadhan 1435 H. Masjid Jami’ Al-Sofwa kembali mengadakan MTQ (Musabaqoh Hifzhul Qur’an) Tingkat TPA/TPQ Se-Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan. Materi hafalan: Surat Al-Buruj s/d surat An-Naas. MTQ tersebut terbagi menjadi 2 babak: babak penyisihan dan babak final.

Panitia telah menyelenggarakan babak penyisihan pada hari Sabtu, 05 juli 2014 M yang bertepatan dengan 07 Ramadhan 1435 H, dan alhamdulillah kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan lancar, acara ini dimulai pada pukul 10.00 s/d 14.30 WIB lebih maju dari jadwal yang sudah direncanakan sebelumnya yaitu pada pukul 13.00 s/d 17.00 WIB, karena alokasi waktu yang ditetapkan sebelumnya diprediksi tidak cukup. Sedangkan babak final, diadakan pada hari Sabtu, 12 juli 2014 yang dimulai dari pukul 13.00 s/d 17.00 WIB sesuai dengan agenda yang telah direncanakan.

Jumlah peserta lomba yang hadir pada babak penyisihan sekitar 23 peserta dari 27 peserta yang telah terdaftar. Mereka adalah utusan dari 11 TPA/TPQ. Terdapat 4 peserta yang mengundurkan diri dalam lomba tersebut. Sedangkan jumlah peserta yang lolos ke babak final ada 14 peserta perwakilan dari 8 TPA/TPQ.

Hadiah yang diterima para pemenang:

  • Juara 1 : Tropy + 1 unit Al-Qur’an Talking Pen + Uang saku sebesar Rp. 700.000,-
  • Juara 2 : Tropy + 1 unit Al-Qur’an Talking Pen + Uang saku sebesar Rp. 400.000,-
  • Juara 3 : Tropy + 1 unit Al-Qur’an Talking Pen + Uang saku sebesar Rp. 200.000,-
  • Juara Harapan 1 : Tropy + Uang saku sebesar Rp. 500.000,-
  • Juara Harapan 2 : Tropy + Uang saku sebesar Rp. 350.000,-
  • Juara Harapan 3 : Tropy + Uang saku sebesar Rp. 250.000,-
  • Seluruh peserta lomba mendapatkan bingkasan dari Yayasan Al-Sofwa.

4. Kultum Setelah Shalat Shubuh, Pembacaan Hadits-hadits dari Kitab Riyadhus Sholihin Setelah Shalat Zhuhur, Kultum Menjelang Buka Puasa dan Kultum Setelah Shalat Tarawih 

IMG2998Pada bulan Ramadhan, kecendrungan kaum Muslimin untuk melaksanakan ketaatan kepada Allah Ta’ala meningkat. Kesempatan yang berharga ini, panitia manfaatkan dan maksimalkan dengan memberikan siraman rohani kepada jamaah Masjid Jami’ Al-Sofwa.

Panitia melibatkan beberapa ustadz baik dari lingkungan Yayasan sendiri maupun dari luar untuk mengajarkan ilmu syar’i yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari mereka, dengan alokasi waktu beberapa menit saja sehingga tidak membuat mereka bosan dan jenuh, tetapi justru mereka bisa memahami dan meresapi tema kultum dengan baik dan benar.

5. Kajian Tematik Ahad Ramadhan

DSCN7444Pada bulan Ramadhan 1435 H. Panitia Semarak Ramadhan 1435 H Yayasan Al-Sofwa merencanakan mengadakan Kajian Tematik Ahad sebanyak 2 kali. Pada hari Ahad, 1 Ramadhan 1435 H. / 29 Juni 2014 M. panitia telah menyelenggarakan Kajian Tematik Ahad bersama Ustadz Syarif Mahya Lubis, Lc., M.A. dengan membahas tema “DAHSYATNYA RAMADHAN” yang dihadiri kurang lebih 300 orang.

Sedangkan untuk kajian tematik berikutnya akan diselenggarakan pada hari Ahad, 22 Ramadhan 1435 H. / 20 Juli 2014 M. pukul 15.00 s/d Menjelang Maghrib (Buka Puasa). Ustadz Dr. Kholid Basalamah, M.A. akan bertindak sebagai pemateri pada kajian tersebut dengan mengetengahkan tema “MUTIARA RAMADHAN”. Panitia mengundang segenap kaum Muslimin untuk menghadiri kajian tematik tersebut. Panitia juga menyediakan hidangan buka puasa bersama bagi jamaah yang hadir.

Info lebih lengkap silahkan klik link berikut ini: Kajian Tematik Ahad Ramadhan

Leave a Reply

Artikel Terpopuler

Senyum Hari Ini

  • Berita Kematian Berita Kematian
    Seseorang dikagetkan dengan berita pada salah satu surat kabar yang sedang dia baca karena...
Index | |

SMS Dakwah Gratis Hari Ini

  • Penyebab Ketenangan Dalam Sholat Penyebab Ketenangan Dalam Sholat
     إِنَّ مِنْ تَوْقِيرِ الصَّلاةِ أَنْ تَأتِي قَبْلَ الإِقَامَةِ  Artinya: Sesungguhnya salah satu dari hal...
Index | |

Konsultasi Online

Al-Ustadz Husnul Yaqin, Lc
Al-Ustadz Amar Abdullah
Al-Ustadz Saed As-Saedy, Lc

Temukan Kami


Yayasan Al-Sofwa

Jl. Raya Lenteng Agung Barat No. 35
Kode Pos 12610
Jakarta Selatan - Indonesia

Contact Us

Phone : 62-21-78836327
Fax : 62-21-78836326
e-mail : info@alsofwah.or.id

Statistik