Situs Dakwah & Informasi Islam
Akhlaq Dan Tarbiyah

Pilih Nama Yang Baik Untuk Anak

namaPertanyaan :

Asslammu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Ustadz, saya disini mau minta bantuan untuk nama anak laki-laki. Keinginan nama awalnya Fakhri, cuma bingung untuk kata keduanya, jadi mohon bantuanya, jika sekiranya ada nama yang lebih baik dari ini, sehingga saya bisa mempertimbangkannya. Saya ucapkan terimakasih.

Jawaban :

Wasslammu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Barangkali untuk kata berikutnya adalah Abdullah atau Abdurrohman, atau kata Fakhri diganti dengan Abdullah atau Abdurrohman, atau anda namai dengan nama yang menunjukkan penghambaan kepada Alloh azza wa jalla.

Ibnu Umar mengatakan, Rosululloh shallallohu ‘alaihi wasallam bersabda, “Nama yang paling dicintai Alloh ta’ala adalah Abdullah dan Abdurrohman.” (HR. Abu Dawud,Ibnu Majah dan yang lainnya)

Dalam Riwayat imam Ahmad di dalam Musnadnya, Ibnu Umar mengatakan, “Abdullah dan Abdurrohman adalah nama yang paling dicintai Rosululloh shallallohu ‘alaihi wasallam.”

Syaikh Muhammad Fuad Abdul Baqiy tatkala memberikan catatan terhadap hadis Ibnu Umar dalam riwayat Ibnu Majah di atas mengatakan, “sabda beliau, ‘nama yang paling dicintai Alloh ta’ala adalah Abdullah dan Abdurrohman’, yakni maknanya dan begitu juga nama lain yang semisal dengan keduanya (Abdullah dan Abdurrohman) yang mana nama tersebut merupakan penyandaran penghambaan kepada Alloh azza wajalla. Karena, hal tersebut termasuk bentuk pengakuan penghambaan dan pengagungan kepada Alloh ta’ala dengan sifat rububiyyah-Nya Dia lah yang menciptakan, Dia lah yang mengatur, Dia lah yang memberikan riziki dst).

Tidak diragukan bahwa pensifatan seorang hamba dengan penghambaan dan pengagungan kepada-Nya dengan sifat rububiyyah terkandung rasa hina di hadapan-Nya. Oleh karena itu, Alloh menyebut-nyebut mereka dengan nama al-’Ibad (para hamba) di beberapa tempat terkait dengan sifat kasih sayang-Nya. Misalnya Alloh ta’ala berfirman yang artinya, “Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Qs. Az Zumar : 53)

Dan Alloh ta’ala menyebutkan nabi-Nya shallallohu ‘alaihi wasallam pada tempat yang mulia di dalam kitab-Nya dengan nama Abdullah, seraya berfirman yang artinya, “Dan bahwasanya tatkala hamba Allah (Muhammad) berdiri menyembah-Nya (mengerjakan ibadat), hampir saja jin-jin itu desak mendesak mengerumuninya.” (Qs. al-Jin : 19)

Alloh juga berfirman yang artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan kepada hamba-Nya Al Kitab (Al-Quran) dan Dia tidak mengadakan kebengkokan di dalamnya (Qs. al-Kahfi : 1)

Alloh juga berfirman yang artinya, “Maha suci Allah yang telah menurunkan Al Furqaan (Al Quran) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam (Qs. al-Furqon : 1)

Alloh juga berfirman yang artinya, “Dia lah yang menurunkan kepada hamba-Nya ayat-ayat yang terang (Al-Quran) supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya. Dan
sesungguhnya Allah benar-benar Maha Penyantun lagi Maha Penyayang terhadapmu.” (Qs. al-Hadid : 9)

Wallohu a’lam.

Sholawat dan salam semoga tercurah kepada nabi kita Muhammad, beserta keluarga dan para sahabat beliau.

Leave a Reply

Artikel Terpopuler

Senyum Hari Ini

  • Berita Kematian Berita Kematian
    Seseorang dikagetkan dengan berita pada salah satu surat kabar yang sedang dia baca karena...
Index | |

SMS Dakwah Gratis Hari Ini

  • Penyebab Ketenangan Dalam Sholat Penyebab Ketenangan Dalam Sholat
     إِنَّ مِنْ تَوْقِيرِ الصَّلاةِ أَنْ تَأتِي قَبْلَ الإِقَامَةِ  Artinya: Sesungguhnya salah satu dari hal...
Index | |

Konsultasi Online

Al-Ustadz Husnul Yaqin, Lc
Al-Ustadz Amar Abdullah
Al-Ustadz Saed As-Saedy, Lc

Temukan Kami


Yayasan Al-Sofwa

Jl. Raya Lenteng Agung Barat No. 35
Kode Pos 12610
Jakarta Selatan - Indonesia

Contact Us

Phone : 62-21-78836327
Fax : 62-21-78836326
e-mail : info@alsofwah.or.id

Statistik