Situs Dakwah & Informasi Islam
Arsip Akhbar

Prestasi MAN IC dalam angka

insan cendekia1JAKARTA — Hasil Ujian Nasional (UN) SMA/MA sudah diumumkan. Seluruh (100%) siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Serpong lulus  dengan kualifikasi A untuk seluruh mata pelajaran, baik jurusan IPA maupun IPS.

“Alhamdulillah lulus seratus persen dengan kualifikasi A karena nilai rata-rata kelulusannya di atas 80,” terang Kepala MAN IC Serpong Suwardi kepada Pinmas, Senin (26/05).

“Bahkan, terdapat 15 siswa yang memperoleh nilai sempurna atau sepuluh, yaitu: Matematika 7 siswa dan Fisika 8 siswa,” tambahnya.

Tidak hanya UN,  hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) siswa MAN IC di bidang Keagamaan dan Bahasa Arab  juga sangat memuaskan. Para siswa berhasil meraih nilai UAMBN dengan  kualifikasi A (di atas 80) untuk seluruh mata pelajaran. Bahkan, lanjut Suwardi, terdapat 117 siswa yang memperoleh nilai sempurna (10,00) untuk mata pelajaran Al-Quran Hadis (6), Fiqih (65), Sejarah Kebudayaan Islam (24), Bahasa Arab (22).

“Siswa MAN IC Serpong yang mengikuti UN dan UAMBN sebanyak 118, jurusan IPA 88 dan IPS 30,” katanya.

Diterima PTN Favorit

Suwardi mengatakan bahwa mayoritas alumni MAN IC Serpong setiap tahunnya diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. Ada sedikit yang diterima di Perguruan Tinggi Swasta (PTS), tapi itupun PTS favorit. “Setiap tahun, 98% alumni MAN IC Serpong diterima di PTN favorit, hanya 2% di PT swastaFavorit,”tuturnya.

Data yang diperoleh Pinmas menyebutkan bahwa alumni MAN IC Serpong diterima di Institut Teknologi Bandung (32%), Universitas Gadjah Mada (26%), Universitas Indonesia (17%), dan sisanya di PTN yang lain.  Pada tahun 2012, sebanyak 15 siswa diterima di PT luarnegeri, seperti di: Jepang, Singapura, Jerman, dan Korea Selatan. Pada tahun 2013, ada 7 siswa yang diterima di Jepang, Singapura, Jerman.

Berikut di antara Perguruan Tinggi yang menjadi tempat belajar alumni MAN IC Serpong: 1. Jepang: Tokyo University, Asia Pacific University, Tohoku University, Nagoya University, Kyusu University, dan Ritsumeikan University; 2. Singapura: Nanyang Technology University (NTU) dan National University Singapore (NUS); 3. Jerman: Born University.

“Saat ini, dari siswa MAN IC Serpong yang baru lulus 2014, sudah ada 5 siswa yang diterima di Jepang,” papar Suwardi.

Kelima siswa tersebut adalah Tsamara Tsani dan Luthfi Naufal Yamin yang diterima di Nagoya University, Uyun Charisa dan Alif fadhiyah di Asia Pacific University, serta Qarri Ainaya yang diterima di Tohoku University.

Pembinaan Berkelanjutan

Ditanya mengenai kiat sukses melahirkan generasi berprestasi, Suwardi mengatakan bahwa pembinaan kepada peserta didik yang lakukan secara optimal dan berkelanjutan sejak kelas 10 menjadi kuncinya. Selain itu, kualitas guru dan komitmen yang tinggi dalam melaksanakan proses pembelajaran secara optimal juga menjadi faktor penting.

“Guru harus total dalam mendampingi peserta didik, melibatkan segenap jiwaraganya, serta bekerja dengan penuh rasa cinta,” tuturnya.

Ditambahkan Suwardi, bahwa MAN IC juga memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada guru untuk berkreasi dan melakukan inovasi dalam pembelajaran. Suwardi yakin bahwa setiap guru memiliki keunggulun dan keunikan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Karenanya, setiap guru diberi ruang untuk berkreasi dan berinovasi.

Suwardi berharap kebebasan tersebut dapat menjadikan guru maupun peserta didik merasa nyaman dan selalu bergairah dalam kegiatan pembelajaran.Ditanya mengenai dukungan dari Direktorat Pendidikan Madrasah (Ditperma) Kemenag, Suwardi menjelaskan bahwa selama ini Ditperma terus memberikan dukungan dalam hal regulasi, koordinasi, pendanaan, pengembangan SDM, serta sarana prasarana.

“Yang paling penting dari dukungan Ditperma adalah pemberian otonomi kepada MAN IC untuk melakukan inovasi-inovasi dalam meningkatkan mutu madrasah,” pungkasnya. (kemenag)

 

Oleh: Saed As-Saedy

Leave a Reply

Artikel Terpopuler

Senyum Hari Ini

  • Berita Kematian Berita Kematian
    Seseorang dikagetkan dengan berita pada salah satu surat kabar yang sedang dia baca karena...
Index | |

SMS Dakwah Gratis Hari Ini

  • Penyebab Ketenangan Dalam Sholat Penyebab Ketenangan Dalam Sholat
     إِنَّ مِنْ تَوْقِيرِ الصَّلاةِ أَنْ تَأتِي قَبْلَ الإِقَامَةِ  Artinya: Sesungguhnya salah satu dari hal...
Index | |

Konsultasi Online

Al-Ustadz Husnul Yaqin, Lc
Al-Ustadz Amar Abdullah
Al-Ustadz Saed As-Saedy, Lc

Temukan Kami


Yayasan Al-Sofwa

Jl. Raya Lenteng Agung Barat No. 35
Kode Pos 12610
Jakarta Selatan - Indonesia

Contact Us

Phone : 62-21-78836327
Fax : 62-21-78836326
e-mail : info@alsofwah.or.id

Statistik