Situs Dakwah & Informasi Islam
Arsip Akhbar

Sekjen: Prioritas Madrasah Adalah Peningkatan Mutu dan Kualitas

akreditasiSURABAYA - Sekjen Kemenag Nur Syam meminta Direktorat Pendidikan Madrasah (Ditpenma) untuk cerdas dan fokus dalam menentukan program prioritas. Menurutnya, menentukan program mana yang harus didahulukan dan mana yang diakhirkan merupakan langkah penting.

Sehubungan itu, Nur Syam mengingatkan bahwa program prioritas Ditpenma adalah peningkatan mutu madrasah. Karenanya, semua program harus diarahkan pada peningkatan kualitas madrasah.

“Program prioritas di madrasah salah satunya adalah peningkatan mutu. Ini harus menjadi prioritas. Jadi, semua program harus diarahkan pada peningkatan mutu dan kualitas madrasah,” tegas Nur Syam dalam sambutannya pada Rapat Kerja Ditpenma, Surabaya, (23/04) malam.

Nur Syam yang sebelumnya menjabat sebagai Dirjen Pendidikan Islam ini mengatakan bahwa tolok ukur peningkatan mutu madrasah adalah akreditasi. Untuk itu, Ditpenma dituntut bisa melakukan pembinaan dan pendampingan program akreditasi, terutama di madrasah-madrasah yang belum terakreditasi dan madrasah-madrasah di daerah pedalaman (tertinggal) dan perbatasan.

“Pengembangan madrasah harus dimulai dari sini,” terang Nur Syam mengingatkan peserta rapat kerja.

Selain soal penentuan skala prioritas program, hal lain yang diingatkan Nur Syam adalah pentingnya efisiensi dan efektivitas program. Nur Syam meminta agar setiap program dan kegiatan Ditpenma dilaksanakan dalam semangat efisiensi dan efektifitas dengan tetap mengedepankan kualitas dan asas tepat sasaran.

Sehubungan itu, selain proses penyelenggaraan program dan kegiatan, Nur Syam juga meminta semua pegawai dan pejabat Ditpenma untuk memperhatikan output-nya. Menurutnya, proses yang baik akan menghasilkan output yang baik pula.

Out put program dan kegiatan juga penting untuk memastikan sejauhmana ketercapaian tujuan. Dengan demikian, setiap program menjadi terukur dan bisa dievaluasi. Karenanya, proses dan output ini juga terkait dengan pemeriksaan, baik oleh Irjen, BPK, BPKP dan Bareskrim.

Mantan Rektor IAIN Sunan Ampel Surabaya ini juga mengingatkan agar Ditpenma memikirkan kesinambungan program yang menjadi ikon dan unggulan madrasah. Program unggulan yang ada di tahun-tahun sebelumnya, jangan sampai tidak ada di tahun ini. “Harus ada kesinambungan program,” imbuhnya.

“Semoga program-program yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Madrasah bisa menjadikan madrasah lebih baik,” pungkasnya. (kemenag)

Leave a Reply

Artikel Terpopuler

Senyum Hari Ini

  • Berita Kematian Berita Kematian
    Seseorang dikagetkan dengan berita pada salah satu surat kabar yang sedang dia baca karena...
Index | |

SMS Dakwah Gratis Hari Ini

  • Penyebab Ketenangan Dalam Sholat Penyebab Ketenangan Dalam Sholat
     إِنَّ مِنْ تَوْقِيرِ الصَّلاةِ أَنْ تَأتِي قَبْلَ الإِقَامَةِ  Artinya: Sesungguhnya salah satu dari hal...
Index | |

Konsultasi Online

Al-Ustadz Husnul Yaqin, Lc
Al-Ustadz Amar Abdullah
Al-Ustadz Saed As-Saedy, Lc

Temukan Kami


Yayasan Al-Sofwa

Jl. Raya Lenteng Agung Barat No. 35
Kode Pos 12610
Jakarta Selatan - Indonesia

Contact Us

Phone : 62-21-78836327
Fax : 62-21-78836326
e-mail : info@alsofwah.or.id

Statistik