Situs Dakwah & Informasi Islam
Arsip Akhbar

CPJ: Suriah Negara Paling Berbahaya Bagi Wartawan

suriahNEW YORK – Suriah masuk dalam kelompok negara yang paling berbahaya di dunia bagi wartawan menurut organisasi pembela hak-hak wartawan yang berbasis di AS, Rabu, saat menerbitkan indeks impunitas tahunan yang melacak kasus pembunuhan wartawan yang belum terselesaikan.

Komite Untuk Melindungi Wartawan (CPJ) yang berbasis di New York itu melaporkan “peningkatan jumlah pembunuhan yang ditargetkan” pada wartawan di Suriah sebagai suatu ancaman baru pada wartawan yang beroperasi di negara yang dilanda perang itu.

“Dengan jumlah penculikan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan tingginya tingkat kematian dalam pertempuran dan baku tembak, Suriah sudah masuk dalam kelompok negara yang paling berbahaya di dunia bagi wartawan,” kata CPJ, seperti dilaporkan AFP.

Irak tetap berada di puncak daftar itu dengan catatan terburuk untuk penyelesaian kasus pembunuhan wartawan. Somalia berada di posisi kedua dan posisi ketiga adalah Filipina, menurut pengawas itu.

Irak, dengan 100 persen impunitas dalam 100 kasus, berada dalam daftar peringkat itu sejak survei dimulai pada 2008.

Sejak saat itu, 2012 adalah tahun pertama tidak ada wartawan yang tewas sehubungan dengan pekerjaan mereka di Irak, tapi pada 2013 terjadi lonjakan sampai 10 kasus pembunuhan wartawan, sembilan di antaranya dibunuh, kata CPJ .

Ada empat kasus pembunuhan baru di Somalia pada tahun 2013 .

“Kelompok pemberontak bersenjata telah meneror media di luar jangkauan lembaga hukum Somalia yang rapuh, tapi pemerintah juga telah gagal untuk menyelidiki serangan oleh sumber lain secara memadai , ” kata CPJ .

Daftar Impunitas itu menghitung jumlah kasus pembunuhan wartawan yang belum terpecahkan dengan persentase penduduk suatu negara .

Hanya negara-negara dengan lima atau lebih kasus yang belum terpecahkan masuk dalam indeks itu. Tahun ini , 13 negara memenuhi kriteria itu sementara tahun lalu 12 negara, kata CPJ .

Badan pengawas itu mengatakan 96 persen dari korban adalah wartawan lokal, yang sebagian besar meliput isu politik , korupsi dan perang. (antaranews)

Leave a Reply

Artikel Terpopuler

Senyum Hari Ini

  • Berita Kematian Berita Kematian
    Seseorang dikagetkan dengan berita pada salah satu surat kabar yang sedang dia baca karena...
Index | |

SMS Dakwah Gratis Hari Ini

  • Penyebab Ketenangan Dalam Sholat Penyebab Ketenangan Dalam Sholat
     إِنَّ مِنْ تَوْقِيرِ الصَّلاةِ أَنْ تَأتِي قَبْلَ الإِقَامَةِ  Artinya: Sesungguhnya salah satu dari hal...
Index | |

Konsultasi Online

Al-Ustadz Husnul Yaqin, Lc
Al-Ustadz Amar Abdullah
Al-Ustadz Saed As-Saedy, Lc

Temukan Kami


Yayasan Al-Sofwa

Jl. Raya Lenteng Agung Barat No. 35
Kode Pos 12610
Jakarta Selatan - Indonesia

Contact Us

Phone : 62-21-78836327
Fax : 62-21-78836326
e-mail : info@alsofwah.or.id

Statistik