Situs Dakwah & Informasi Islam
Arsip Akhbar

Kemenag Targetkan Kelulusan UN Madrasah 99,85 persen

UJIAN NASIONALJAKARTA – Kementerian Agama menargetkan tingkat kelulusan Ujian Nasional (UN) Madrasah Tahun 2014 mencapai 99,85 persen. Prosentase ini naik dari angka kelulusan UN madrasah tahun 2013 yang mencapai 99,65 persen, ada kenaikan 0,2 persen dari tahun 2013.

“Sejauh ini tingkat kelulusan Ujian Nasional di madrasah sudah melampaui tingkat kelulusan yang dicapai sekolah,”. terang Menteri Agama Suryadharma Ali ketika meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Madrasah Aliyah di MAN 4 Pondok Pinang, Jakarta, Senin (14/4). Dalam peninjauan tersebut Menag didampingi Sekjen Nur Syam, Direktur Pendidikan Madrasah Nurkholis Setiawan, dan Kepala Pusat Pinmas Zubaidi.

Dalam keterangannya, Menag menjelaskan bahwa Ujian Nasional untuk Madrasah Aliyah tahun 2014 diikuti oleh 376.624 siswa madrasah aliyah seluruh Indonesia naik 42.789 dibandingkan tahun 2013 yang diikuti oleh 333.835 siswa madrasah aliyah. Untuk tingkat provinsi DKI Jakarta, peserta UN Madrasah Aliyah berjumlah 5.224 siswa, berkurang satu siswa karena meningggal dunia. Untuk pengawasan UN, saat ini ada 151.988 pengawas yang terdiri dari guru mata pelajaran silang, pengawas madrasah, perguruan tinggi, LPMP, unsur Kanwil dan Kankemenag.

“Alhamdulillah penyelenggaraan UN berjalan lancar, tidak ada keterlambatan distribusi soal, dan tidak ada indikasi kebocoran soal,” jelas Menag.

Adanya kenaikan peserta UN madrasah aliyah menurut Menag merupakan indikasi tingkat penyerapan siswa-siswi di madrasah semakin meningkat, dan ini tentu ada efek pada peningkatan Angka Partisipasi Murni (APM) maupun Angka Partisipasi Kasar (APK). Peningkatan APM dan APK  menurut Menag setidaknya dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu, peningkatan ekonomi masyarakat, pelayanan pendidikan oleh pemerintah, dan adanya kepercayaan kepada madrasah yang semakin meningkat.

“Kepada seluruh peserta UN, Saya berharap lulus seluruhnya, dan bagi penyelenggara pendidikan, ini menjadi momentum evaluasi di unit madrasahnya masing-masing sehingga bisa diketahui kekurangan dan kelebihannya,” pesan Menag. (kemenag)

Leave a Reply

Artikel Terpopuler

Senyum Hari Ini

  • Berita Kematian Berita Kematian
    Seseorang dikagetkan dengan berita pada salah satu surat kabar yang sedang dia baca karena...
Index | |

SMS Dakwah Gratis Hari Ini

  • Penyebab Ketenangan Dalam Sholat Penyebab Ketenangan Dalam Sholat
     إِنَّ مِنْ تَوْقِيرِ الصَّلاةِ أَنْ تَأتِي قَبْلَ الإِقَامَةِ  Artinya: Sesungguhnya salah satu dari hal...
Index | |

Konsultasi Online

Al-Ustadz Husnul Yaqin, Lc
Al-Ustadz Amar Abdullah
Al-Ustadz Saed As-Saedy, Lc

Temukan Kami


Yayasan Al-Sofwa

Jl. Raya Lenteng Agung Barat No. 35
Kode Pos 12610
Jakarta Selatan - Indonesia

Contact Us

Phone : 62-21-78836327
Fax : 62-21-78836326
e-mail : info@alsofwah.or.id

Statistik