Situs Dakwah & Informasi Islam
Peradilan

Pembunuhan Semi Sengaja

sapu lidiYaitu pembunuhan yang memenuhi tiga syarat: Korban adalah orang yang haram dibunuh, tindakan terhadapnya menurut kebiasaan umum tidak membunuh dan tindakan tersebut dilakukan secara sengaja.

Tindakan terhadapnya menurut kebiasaan umum tidak membunuh, seperti memukul dengan batang sapu, melempar dengan sandal dan yang sepertinya. Tindakan tersebut disengaja, artinya sengaja memukul tetapi tidak bermaksud membunuh.

Syariat menutup segala jalan yang menyebabkan terbunuhnya seorang Muslim, Rasulullah bersabda, “Janganlah seseorang di antara kalian mengacungkan senjata kepada saudaranya, karena dia tidak tahu, bisa saja setan melepaskan kedua tangannya sehingga dia terjatuh ke dalam lubang api neraka.” Diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim.

Hukuman atas Pembunuhan ini

Pembunuhan ini tidak mengakibatkan qishash akan tetapi diyat, berdasarkan sabda Nabi, “Ketahuilah bahwa korban pembunuhan semi sengaja, yaitu pembunuhan dengan cemeti atau tongkat, mendapatkan seratus ekor unta, empat puluh darinya bunting.” Hadits hasan diriwayatkan oleh Abu Dawud, an-Nasa`i dan Ibnu Majah.

Pembunuhan ini juga mengharuskan kaffarat, sebagaimana dalam ayat 92 surat an-Nisa`, yaitu memerdekakan hamba sahaya, bila tidak sanggup atau tidak ada maka berpuasa dua bulan berturut-turut. Wallahu a’lam.

Leave a Reply

Artikel Terpopuler

Senyum Hari Ini

  • Berita Kematian Berita Kematian
    Seseorang dikagetkan dengan berita pada salah satu surat kabar yang sedang dia baca karena...
Index | |

SMS Dakwah Gratis Hari Ini

  • Penyebab Ketenangan Dalam Sholat Penyebab Ketenangan Dalam Sholat
     إِنَّ مِنْ تَوْقِيرِ الصَّلاةِ أَنْ تَأتِي قَبْلَ الإِقَامَةِ  Artinya: Sesungguhnya salah satu dari hal...
Index | |

Konsultasi Online

Al-Ustadz Husnul Yaqin, Lc
Al-Ustadz Amar Abdullah
Al-Ustadz Saed As-Saedy, Lc

Temukan Kami


Yayasan Al-Sofwa

Jl. Raya Lenteng Agung Barat No. 35
Kode Pos 12610
Jakarta Selatan - Indonesia

Contact Us

Phone : 62-21-78836327
Fax : 62-21-78836326
e-mail : info@alsofwah.or.id

Statistik