Situs Dakwah & Informasi Islam
Arsip Doa

Bid’ah Para Qari’ Yang Telah Diperingatkan Para Ulama III

ll15. Menggabungkan dua qira`at atau lebih dalam membaca satu ayat di dalam shalat, atau di luar waktu shalat di depan umum atau untuk tujuan pamer. Tidak termasuk dalam hal ini adalah mem-berikan keterangan pelajaran-pelajaran tafsir dan penjelasan bentuk-bentuk qira`at yang diberikan guru kepada murid-muridnya.

16. Bid’ah lainnya adalah: membaca ayat atau surat khusus tanpa didasari dalil di dalam shalat fardhu atau sunnah, atau pada waktu, tempat atau keadaan tertentu. Demikianlah orang yang bermak-sud mengkhususkan satu bentuk ubudiyah yang tidak ada dalilnya.

Pembicaraan mengenai bab ini cukup panjang, termasuk di antaranya hadîts maudhu’ yang diriwayatkan oleh Ubai radhiyallahu ‘anhu Sekitar keutamaan al-Qur`an surat persurat. Al-Ghafiqi (w. 619 H.) 5 telah menyusun sebuah buku yang lengkap, Lamahat al-Anwar, yang terdiri dari 334 bab, memuat sebanyak dua ribu riwayat hadîts marfu’, mauquf dan maqthu’ mengenai keutamaan-keutamaan surat dan ayat-ayat al-Qur`an al-‘Azhim. Di dalamnya telah terkumpul hal-hal penting, dan merupakan ma’lumat yang lengkap dalam membahas bab ini. Jika anda mengambil sesuatu yang tidak benar dari hadîts-hadîts tersebut tentu sangat banyak. Akan tetapi yang dimaksud di sini adalah memberi peringatan atas apa yang tersebar di tengah-tengah masyarakat muslim. Hal ini telah diperingatkan oleh para ulama.

Di antara bentuk bid’ah itu sesuai dengan urutan ayat dan surat al-Qur`an adalah sebagai berikut:

[Sumber: Dinukil dari kitab Tashhîh ad-Du’â`, karya Syaikh Bakar bin Abdullah Abu Zaid, edisi bahasa Indonesia: Koreksi Doa dan Zikir, pent. Darul Haq Jakarta]

Leave a Reply

Artikel Terpopuler

Senyum Hari Ini

  • Berita Kematian Berita Kematian
    Seseorang dikagetkan dengan berita pada salah satu surat kabar yang sedang dia baca karena...
Index | |

SMS Dakwah Gratis Hari Ini

  • Penyebab Ketenangan Dalam Sholat Penyebab Ketenangan Dalam Sholat
     إِنَّ مِنْ تَوْقِيرِ الصَّلاةِ أَنْ تَأتِي قَبْلَ الإِقَامَةِ  Artinya: Sesungguhnya salah satu dari hal...
Index | |

Konsultasi Online

Al-Ustadz Husnul Yaqin, Lc
Al-Ustadz Amar Abdullah
Al-Ustadz Saed As-Saedy, Lc

Temukan Kami


Yayasan Al-Sofwa

Jl. Raya Lenteng Agung Barat No. 35
Kode Pos 12610
Jakarta Selatan - Indonesia

Contact Us

Phone : 62-21-78836327
Fax : 62-21-78836326
e-mail : info@alsofwah.or.id

Statistik