Situs Dakwah & Informasi Islam
Arsip Tokoh, Pasca Abad 3 H

Abu Ja’far Ath-Thabari

bbNama dan Nasabnya 

Beliau adalah Muhammad bin Jarir bin Yazid bin Katsir Al-Ghalib. Nama fanggilan beliau adalah Abu Ja’far.

Kelahiran beliau

Menurut pendapat yang kuat, beliau dilahirkan pada tahun 225 H, di daerah Amal, yaitu suatu daerah yang subur di salah satu daerah di Thabaristan.

Sanjungan para Ulama terhadapnya

Al-Khatib Al-Baghdadi berkata: “Muhammad bin Jarir bin yazid bin Katsir Al-Ghalib adalah salah satu dari para imam yang perkataannya dijadikan sandaran hukum, pendapat dan pengetahuannya sering dijadikan sebagai rujukan. Imam Ath-thabari menguasai banyak ilmu, yang tidak satu pun ulama di masanya seperti dia. Dia mampu menghafal Al-Qur an sekaligus qira’atnya (cara membacanya) dan mengetahui makna berserta hukum-hukum yang dikandungnya. Dia juga menguasai hadits-hadits dan jalur-jalur periwayatannya, sehingga dia dapat memilah-milah mana yang termasuk hadits-hadits yang shahih dan mana yang tidak shahih, mana yang Nasikh dan mana yang mansukh. Imam Ath-Thabari juga juga mengetahui tentang atsar para shahabat dan peradapan manusia”. (Tarikh baghda: 2/163)

Ibnu Suraij berkata: “Muhammad bin Jarir Ath-Thabari adalah ulama ahli fikih dunia”.

Yaqut Al-Hawawi berkata: “Abu Ja’far Ath-Thabari adalah seorang ulama ahli hadits dan ahli fiqih. Dia adalah ulama yang sudah ma’ruf dan masyhur mengetahui qira’ah dan sejarah”.

Imam Ibnu Katsir berkata: “Abu Ja’far Ath-Thabari satu dari sekian banyak ulama yang memperaktekan kitab Allah ta’ala Al-Qur an dan sunnah Rasullah shallallahu ‘alaihi wasallam“.

Kehidupan Ilmiahnya 

Ia memulai perjalanan menutut ilmu pasca tahun 240 H. Banyak menjelajah bumi, bertemu dengan para tokoh mulia, menyodorkan bacaan al-Qur annya kepada al-‘Abbas bin al-Walid, kemudian pindah darinya menuju Madinah Munawwarah, kemudian ke Mesir, Ray dan Khurasan. Lalu akhirnya menetap di Baghdad.

Ath-Thabari mendengar dari sejumlah Syaikh, sejumlah perjalanan dilakukannya ke sekian banyak ibukota-ibukota dunia Islam yang berjaya dengan para ulama dan ilmunya, salah satunya, Mesir.

Guru-guru beliau 

Guru-guru beliau sebagai mana yang disebutkan Oleh imam Adz-Dzahabi adalah:
1. Muhammad bin Abdul Malik bin Abi Asy-Syawarib
2. Ismail Bin Musa As-Sanadi
3. Ishaq bin Abi Israel
4. Muhammad bi Abi Ma’syar
5. Muhammad bin Hamid Ar-Razi
6. Ahmad bin Mani’
7. Abu Kuraib Muhammad Ibnul A’la
8. Ash-Shan’ani
9. Bundar
10. Muhammad bin Al-Mutsanna, dan selain mereka.

Murid-murid beliau

Adapun diantara murid-murid beliau adalah:
1. Abu Syuaib bin Abdillah bin Al-Hasan bin Al-Harani.
2. Abul Qasim Ath-Thabrani
3. Ahmad bin Kamil Al-Qadhi
4. Abu Bakar Asy-Syafi’i
5. Abu Ahmad Ibnu Adi
6. Mukhallad bin Ja’far Al-Baqrahi
7. Abu Mammad Ibnu Zaid Al-Qadhi
8. Ahmad bin Al-Qasim Al-Khasysyab
9. Abu Amr Muhammad bin Ahmad bin Hamdan
10. Abu Ja’far bin Ahmad bin Ali Al-Katib, dan selai mereka.

Karya-Karyanya 

Ath-Thabari termasuk ulama pada masanya yang paling produktif dalam menelurkan karya tulis. Di antara karya-karya tulisnya yang paling populer adalah tafsirnya yang bernama Tafsir ath-Thabari dan kitab Tarikh al-Umam Wa al-Muluk. Diriwayatkan darinya, bahwa ia pernah berkata, “Tiga tahun lamanya, aku memohon pilihan terbaik kepada Allah dan meminta pertolonganNya atas penulisan karya tafsir yang aku niatkan, sebelum aku mengerjakannya, lantas Dia memberikan pertolonganNya kepadaku.”

Al-Hakim berkata, “Dan aku mendengar Abu Bakar bin Balwaih berkata, ‘Abu Bakar bin Khuzaimah berkata kepadaku, ‘Telah sampai ke telingaku bahwa engkau telah menulis tafsir dari Muhammad bin Jarir.’ Aku berkata, ‘Benar, aku menulis darinya secara dikte.’ Ia berkata, ‘Seluruhnya.?’ Aku berkata, ‘Ya.’ Ia berkata, ‘Tahun berapa.?’ Aku menjawab, ‘Dari tahun 283 H hingga 290 H.’ Ia berkata, ‘Lalu Abu Bakar meminjamnya dariku, kemudian mengembalikannya setelah sekian tahun, kemudian ia berkata, ‘Aku telah melihat isinya, dari awal hingga akhirnya. Aku tidak mengetahui di muka bumi ini ada orang yang paling berilmu dari Muhammad bin Jarir.’”

Sebagian ulama berkata, “Andaikata seorang laki-laki bepergian ke China hingga mendapatkan tafsir Muhammad bin Jarir, maka pastilah tidak akan banyak.”

Karyanya yang lain adalah:
1. Dzail Al-Mudzil
2. Ikhtilaf Ulama Al-Amshar Fil Ahkam Syarai Al-Islam, yang lebih dikenal dengan nama Ikhtilaf Al-Fuqaha.
3. Lathif Al-Qaul Fi Ahkam Syar’I Al-Islam, fiqih Ibnu Jarir
4. Basith Al-Qaul Fi Ahkam Al-Islam
5. Adab Al-Qudhah, dan selainya masih sangat banyak.

Metodenya Dalam Penulisan 

Diriwayatkan dari Abu Sa’id ad-Dinuri, orang yang mendiktekan kepada Ibn Jarir, Abu Ja’far Muhammad bin Jarir ath-Thabari memberitahukan kepada kami tentang aqidahnya, di antaranya, “Cukuplah bagi seseorang untuk mengetahui bahwa Rabbnya adalah Dzat yang meninggi di atas ‘Arsy; siapa yang melebihi dari itu, maka ia telah berbuat sia-sia dan merugi.”

Ini adalah tafsir imam ini tentang ayat-ayat sifat yang penuh dengan perkataan-perkataan ulama Salaf dalam menetapkannya, bukan menafikan atau menakwilkannya. Bahwa sifat itu tidaklah menyerupai sifat-sifat para makhluk sama sekali.

Beberapa Momentum Dalam Hidupnya 

Diceritakan, pernah al-Muktafi (khalifah) ingin menahan wakaf yang sudah disepakati oleh para ulama, lalu ia menghadirkan Ibn Jarir untuk itu, lalu ia mendiktekan sebuah kitab berkenaan dengan itu. Setelah itu, ia diberi hadiah namun ditolaknya. Lantas ada yang mengatakan kepadanya, “Harus diambil untuk memenuhi kebutuhanmu.” Lalu ia berkata, “Mintalah kepada Amirul Mukminin agar melarang meminta-minta pada hari Jum’at.” Lalu Amirul Mukminin pun melakukannya. Demikian pula, pernah seorang menteri memintanya agar mengarang sebuah buku tentang fiqih, lalu ia pun mengarang untuknya sebuah buku ringan, lalu ia diberi uang sejumlah 1000 dinar namun ditolaknya.

Ath-Thabari tidak mau menerima jabatan karena takut mengalihkannya dari menuntut ilmu. Di samping alasan lainnya, yaitu bahwa ketika itu sudah menjadi kebiasaan ulama menjauhi kekuasaan.

Al-Maraghi meriwayatkan, “Tatkala al-Khaqani memangku jabatan menteri, ia memerintahkan agar memberikan kepada Abu Ja’far ath-Thabari uang yang banyak, namun ia tidak mau menerimanya. Lalu sang menteri menawarkan jabatan Qadhikepadanya tetapi ia menolaknya, lalu menawarkan kepadanya jabatan ketua al-Mazhalim (semacam lembaga pengaduan atas tindakan zhalim), akan tetapi ia tetap menolaknya. Karena penolakannya itu, sahabat-sahahabatnya mencercanya seraya berkata, “Kamu dapat pahala menjalani jabatan ini, dapat menghidupkan sunnah.” Mereka pun mendesaknya agar menerima jabatan ‘prestisius’ itu. Mereka membawanya bersama mereka untuk menghadap guna menerima jabatan itu, namun mereka malah dihardiknya, seraya berkata, “Sungguh, aku sebelumnya mengira andai menerima jabatan itu, kalian justeru akan melarangku.” Perawi mengatakan, “Lalu kami pun berpaling darinya karena merasa malu.”

Wafatnya 

Abu Muhammad al-Firghani berkata, “Abu Bakar ad-Dinuri menceritakan kepadaku, ia berkata, ‘Tatkala waktu shalat Zhuhur tiba pada hari Senin di mana Ibn Jarir wafat di akhir waktunya, ia meminta air untuk memperbarui wudhunya, ada yang mengatakan kepadanya, ‘Sebaiknya kamu shalat jamak ta`khir saja (shalat Zhuhur dilakukan pada waktu Ashar dengan menggabungkannya dengan shalat Ashar).’ Namun ia menolak dan tetap shalat Zhuhur secara tersendiri dan Ashar juga pada waktunya secara sempurna dan demikian indahnya. Saat kematian akan menjemputnya, hadir sejumlah orang, di antara mereka ada Abu Bakar bin Kamil. Lantas ada yang berkatanya kepadanya sebelum ruhnya keluar, ‘Wahai Abu Ja’far, engkau adalah hujjah antara kami dan Allah SWT dalam keberagamaan kami, tidakkah ada sesuatu yang engkau akan wasiatkan kepada kami dari perkara agama ini, dan sebagai bukti yang karenanya kelak kami berharap dapat selamat saat kami kembali kepadaNya.?’ Ia berkata, ‘Hal yang aku jadikan agamaku kepada Allah dan aku wasiatkan adalah apa yang sudah valid (dalil yang shahih) di dalam buku-buku karyaku; amalkanlah ia…’ Dan perkataan-perkataan seperti itu. Ia lalu memperbanyak bersyahadat, berzikir kepada Allah SWT, mengusap tangannya ke wajahnya, menutup matanya dengan tangannya sendiri dan membentangkannya, lalu ruhnya pun meninggalkan dunia yang fana ini.”

Ahmad bin Kamil berkata, “Ibn Jarir wafat, malam Ahad, dua hari sebelum habis bulan Syawwal tahun 110 H, dan dikuburkan di kediamannya di ‘Rahbah Ya`qub’ (alias Baghdad).” Ia berkata, “Beliau tidak merubah ubannya di mana bulu-bulu hitam masih banyak. Matanya kecoklatan lebih cenderung kehitaman, tubuhnya kurus panjang dan lebar. Para pelayat dan pengantar jenazahnya tidak terhitung jumlahnya, hanya Allah Yang Maha Tahu.” (Abu Hafshoh)

(Sumber: Diringkas dari kitab “Min A’lamis Salaf” karya, Syaikh Ahmad Farid, edisi indonesia : “60 Bigrafi Ulama Salaf dan dari artikel berjudul, ”al-Imam ath-Thabari, Imam al-Mu`arrikhin Wa al-Mufassirin)

Leave a Reply

Artikel Terpopuler

Senyum Hari Ini

  • Berita Kematian Berita Kematian
    Seseorang dikagetkan dengan berita pada salah satu surat kabar yang sedang dia baca karena...
Index | |

SMS Dakwah Gratis Hari Ini

  • Penyebab Ketenangan Dalam Sholat Penyebab Ketenangan Dalam Sholat
     إِنَّ مِنْ تَوْقِيرِ الصَّلاةِ أَنْ تَأتِي قَبْلَ الإِقَامَةِ  Artinya: Sesungguhnya salah satu dari hal...
Index | |

Konsultasi Online

Al-Ustadz Husnul Yaqin, Lc
Al-Ustadz Amar Abdullah
Al-Ustadz Saed As-Saedy, Lc

Temukan Kami


Yayasan Al-Sofwa

Jl. Raya Lenteng Agung Barat No. 35
Kode Pos 12610
Jakarta Selatan - Indonesia

Contact Us

Phone : 62-21-78836327
Fax : 62-21-78836326
e-mail : info@alsofwah.or.id

Statistik