Situs Dakwah & Informasi Islam
Arsip Berita

Kegiatan Ramadhan 1434 H Masjid Jami’ Al-Sofwa Hingga Pekan Kedua

Kajian Menyambut Bulan Ramadhan 1434 H

Kajian ini telah diselenggarakan pada hari Ahad tanggal 07 Juli 2013 dimulai pukul 09.30 WIB s/d 12.00 WIB. Kajian ini dihadiri kurang lebih 350 orang. Kajian ini semula akan menghadirkan 2 orang pemateri yaitu Ust. Abu Qatadah dan Ust. Junaidi Abdillah, tetapi qaddarallah pada hari Kamis tanggal 4 Juli 2013 Ustadz Abu Qatadah menyatakan berhalangan. Akhirnya Ust. Junaidi Abdillah menjadi pemateri tunggal dengan 2 tema sekaligus dimulai dari jam 09.30 WIB s/d 12.00 WIB. Adapun tema yang diangkat dalam kajian ini adalah mengulas buku “Kiat-Kiat Menghidupkan Bulan Ramadhan” karya Syaikh Abdullah Ash-Shalih dan buku “Risalah Puasa/ Hukum-Hukum Seputar Ramadhan” karya Syaikh Shalih Al-Munajjid.

Penyelenggaraan Shalat Terawih

Setelah menanti-nanti hasil keputusan pemerintah tentang itsbat 1 Ramadhan 1434 H pada hari Senin malam, akhirnya pada Selasa malam Masjid Jami’ Al-Sofwa mulai menyelenggarakan shalat Taraweh untuk masyarakat Muslimin. Meskipun pada sore harinya wilayah Jakarta Selatan sempat diguyur hujan, antusias kaum Muslimin untuk melaksanakan shalat teraweh tidaklah surut. Hampir setiap malam, Masjid Jami’ Al-Sofwa senantiasa dipadati oleh para jamaah yang ingin shalat Isya’ dan shalat Terawih. Kebanyakan jamaah shalat terawih ini bertempat tinggal jauh dari lokasi masjid, sehingga parkir masjid senatiasa padat oleh kendaraan roda dua dan roda empat.

Buka Puasa Bersama

Setiap hari selama bulan Ramadhan 1434 H, Panitia SEMARAK Ramadhan 1434 H. Masjid Jami’ Al-Sofwa menyediakan lebih kurang 200 porsi hidangan berbuka puasa bagi masyarakat di sekitar masjid dan orang yang singgah untuk sholat Maghrib di Masjid Jami’ Al-Sofwa. Hingga hari ke-15 bulan Ramadhan 1434 H, Panitia telah membiaya anggaran kegiatan buka puasa bersama ini sebesar Rp. 25.350.500,-.

Kegiatan Dakwah Masjid

Selama Ramadhan 1434 H, Panitia SEMARAK Ramadhan 1434 H Masjid Jami’ Al-Sofwa juga menyelenggarakan berbagai kegiatan dakwah yaitu:

  • Kultum Menjelang Buka Puasa
    Selama kurang lebih 15-20 menit, para jamaah yang berbuka puasa bersama diberikan pengetahuan ilmu syar’i oleh ustadz-ustadz yang telah dijadwal untuk memberikan siraman rohani selama bulan Ramadhan 1434 H.
  • Kultum Setelah Shalat Terawih
    Panitia juga menyelenggarakan kultum setelah shalat terawih bagi jamaah shalat Isya’ dan shalat terawih. Kebanyakan orang-orang yang shalat Isya’ dan terawih di masjid ini bertempat tinggal agak jauh dari lokasi masjid. Jamaah shalat terawih di masjid ini mencapai kurang lebih 300-400 orang. Dalam waktu 20-30 menit, para jamaah akan mendapatkan wawasan keislaman yang dipaparkan oleh para ustadz yang telah dijadwal.
  • Kajian Setelah Shalat Subuh
    Dalam kajian ini, para jamaah akan disuguhi pembacaan kitab “Mukaffirah Adz-Dzunub wa Al-Khathoya wa Asbab Al-Maghfirah min Al-Kitab wa As-Sunnah, karya Syaikh Sa’id bin Ali bin Wahf Al-Qahthani yang dibaca oleh para ustadz secara silih berganti selama kurang lebih 15-20 menit.
  • Pembacaan kitab Riyadhus Sholihin Setelah Shalat Zhuhur
    Untuk mengisi waktu selepas shalat Zhuhur, jamaah shalat Zhuhur akan diperdengarkan hadits-hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam yang dipilih dari kitab Riyadhus Sholihin karya Imam An-Nawawi. Para ustadz akan membacakan beberapa hadits mengenai tema tertentu kemudian memberikan penjelasan singkat dan ditutup dengan pelajaran-pelajaran yang dapat diambil dari hadits-hadits tersebut selama kurang lebih 10-15 menit.

Musabaqah Tahsin dan Tahfiz Al-Qur’an

Pada hari Ahad tanggal 21 Juli 2013 pukul 09.00 s/d 10.45 WIB, 11 orang peserta mengikuti babak final Musabaqah Tahsin dan Tahfiz Al-Qur’an 1434 H. Setelah menjalani serangkaian tes/ pertanyaan terkait hafalan surat-surat yang dilombakan, akhirnya tim juri memutuskan nama para pemenang lomba sebagai berikut:

  • Juara I : Erlando Kautsar, dari TPQ Al-Sofwa, dengan nilai skor 194
  • Juara II : Ali Akbar, dari kelompok Perorangan, dengan nilai skor 193
  • Juara III : Muhammad Haikal, dari TPQ Al-Ikhlas, dengan nilai skor 190
  • Juara Harapan I : Muhammad Diaulhaq, dari TPQ Al-Sofwa, dengan nilai skor 190
  • Juara Harapan II : Ahmad Dailami, dari TPQ Al-Kautsar, dengan nilai skor 176
  • Juara Harapan III : Putra Yudistira Yusuf, dari TPQ Baitul Fatah, dengan nilai skor 169

Hadiah yang diterima oleh para pemenang sebagai berikut:

  • Juara I : 1 Tablet Advan, Uang Tunai Rp. 700.000,-, Piala, Bingkisan
  • Juara II : 1 Tablet Advan, Uang Tunai Rp. 450.000,-, Piala, Bingkisan
  • Juara III : 1 Tablet Advan, Uang Tunai Rp. 200.000,-, Piala, Bingkisan
  • Juara Harapan I : Uang Tunai Rp. 500.000,-, Piala, Bingkisan
  • Juara Harapan II : Uang Tunai Rp. 350.000,-, Piala, Bingkisan
  • Juara Harapan III : Uang Tunai Rp. 250.000,-, Piala, Bingkisan

Seluruh peserta yang mengikuti babak penyisihan dan babak final mendapatkan hadiah bingkisan. Total peserta 21 orang. Adapun hadiah bingkisan berisi sebagai berikut: Al-Qur’an Saku, Buku Tafsir Al-‘Usyr Akhir, Buku Tauhid Untuk Pemula, Buku Kumpulan Doa & Dzikir dan Kurma.

Pemberian hadiah dilaksanakan pada hari Ahad tanggal 21 Juli 2013 pukul 17.30 hingga menjelang berbuka puasa bersama. Ustadz Ishom Aini, Lc yang pada sore hari itu sebagai pemateri dalam Kajian Tematik Ahad Ramadhan 1434 H ditunjuk sebagai pemberi hadiah kepada para pemenang lomba yang disaksikan oleh jamaah Kajian Tematik Ahad yang mencapai jumlah kurang lebih 300 orang.

Kajian Tematik Ahad
Selama bulan Ramadhan 1434 H, Masjid Jami’ Al-Sofwa mengagendakan Kajian Tematik Ahad sebanyak dua kali. Kajian pertama telah dilaksanakan pada hari Ahad tanggal 21 Juli 2013. Menurut jadwal yang telah ditetapkan, kajian ini akan mengangkat tema “Rahasia Nikmatnya Beribadah”, namun Ustadz Ishom Aini, Lc sebagai pemateri kajian mengubah tema dengan judul “Andaikan ini Ramadhan Perdanaku”.

Kajian ini dimulai pukul 16.00 WIB s/d 17.30 WIB. Seyogyanya, kajian ini berakhir hingga menjelang buka puasa, tetapi karena pada sore hari itu ada kegiatan pemberian hadiah kepada para pemenang Musabaqah Tahsin dan Tahfiz Al-Qur’an 1434 H maka kajian diakhiri pada pukul 17.30. Kajian ini dihadiri kurang lebih 300 orang. Di penghujung acara kajian, panitia menyediakan hidangan berbuka puasa secara gratis untuk seluruh jamaah.

Untuk kajian kedua, insya Allah akan dilaksanakan pada hari Ahad tanggal 28 Juli 2013 pukul 16.00 WIB s/d 17.50 WIB. Ustadz Abdurrahman Nuryaman sebagai pemateri pada kajian tersebut akan mengangkat tema “Keutamaan Dzikir dan Doa”. Kajian ini akan mengulas buku yang beliau susun yang berjudul “Kumpulan Doa & Dzikir Sepanjang Masa” yang diterbitkan Pustaka Darul Haq, Jakarta.

Leave a Reply

Artikel Terpopuler

Senyum Hari Ini

  • Berita Kematian Berita Kematian
    Seseorang dikagetkan dengan berita pada salah satu surat kabar yang sedang dia baca karena...
Index | |

SMS Dakwah Gratis Hari Ini

  • Penyebab Ketenangan Dalam Sholat Penyebab Ketenangan Dalam Sholat
     إِنَّ مِنْ تَوْقِيرِ الصَّلاةِ أَنْ تَأتِي قَبْلَ الإِقَامَةِ  Artinya: Sesungguhnya salah satu dari hal...
Index | |

Konsultasi Online

Al-Ustadz Husnul Yaqin, Lc
Al-Ustadz Amar Abdullah
Al-Ustadz Saed As-Saedy, Lc

Temukan Kami


Yayasan Al-Sofwa

Jl. Raya Lenteng Agung Barat No. 35
Kode Pos 12610
Jakarta Selatan - Indonesia

Contact Us

Phone : 62-21-78836327
Fax : 62-21-78836326
e-mail : info@alsofwah.or.id

Statistik