Situs Dakwah & Informasi Islam
Arsip Berita

Cahaya Itu Pun Tiba

InstalasiwebDepsos Al-Sofwa, Tambun; Janda tua itu biasa disapa Mpok Rojannih. Rumahnya tak jauh dari Stasiun KA Tambun. Lintasilah empat jalur rel kereta api lalu ikuti jalan Kp. Kobak, maka tak berapa lama tampaklah rumah mungil hijau berdinding anyaman bambu (gedek) berlantai plesteran semen namun rapi dan bersih yang menandakan pemiliknya pastilah orang yang rajin dan cekatan. Di situlah Mpok Rojannih tinggal bersama putrinya yang juga hidup menjanda dengan cucunya yang masih duduk di kelas 6 SD.

Langit mulai terang menyongsong datangnya mentari pagi, seperti biasa Mpok Rojannih meniup lampu-lampu teplok (lampu minyak) di rumahnya. Cahaya teplok segera tergantikan cahaya pagi yang menerobos masuk di sela-sela dinding bambu yang robek dan koyak di beberapa tempat.

Benar, rumahnya memang tanpa listrik, cuma lampu teplok yang menerangi mereka setiap malam. Jangan harap menemukan TV, kulkas, atau mesin cuci yang biasa ada di antara kita. Bahkan hanya lampu teplok itu pula yang menemani cucunya belajar dan mengaji.

“Mpok kepingin ngeganti dinding itu dulu baru pasang listrik, tapi belum ada uangnya. Sekarang nyuci lagi sepi, waktu ngamen di kereta dikejar-kejar (oleh petugas KA), ” ujarnya ketika Al-Sofwa berkunjung ke rumahnya. Barangkali ia memang berpikir bagaimana kalau musim hujan tiba… kasurnya, lemari tuanya atau buku-buku cucunya… apalah jadinya nanti.

Kini, datanglah ke rumah hijau itu jelang petang hari, wajahnya ceria menyambut kita. Lampu-lampu segera ia nyalakan. Byar! Lantai semen yang mengkilap, sudut-sudut ruangan yang bersih, dinding bambu yang tertutup rapat dan perabot yang tertata rapih menjadi semakin jelas terlihat di bawah cahaya terang lampu listrik yang mengalahkan temaram petang hari.

Terima kasih untuk kaum muslimin di mana saja yang peduli kepada saudara-saudaranya sehingga dengan izin Allah, cahaya kebahagiaan sampai kepada mereka yang hidup di dalam kesusahan. (sd).

Bagi masyarakat yang berminat berpartisipasi untuk ragam kegiatan dakwah, sosial dan pendidikan bisa disalurkan melalui Rekening atas nama Yayasan Al-Sofwa:

Infaq Shadaqah

  1. Bank Muamalat, No. Rek: 000.032.0458
  2. Bank Central Asia (BCA), No. Rek: 547.0304.776
  3. Bank Mandiri, No. Rek: 127.000.6257.495

Santunan Yatim

  • Bank Central Asia (BCA), No. Rek: 547.0444.403

Buka Puasa

  • Bank Central Asia (BCA), No. Rek: 547.0494.141

Konfirmasi Transfer via SMS ke +081806008474

Leave a Reply

Artikel Terpopuler

Senyum Hari Ini

  • Berita Kematian Berita Kematian
    Seseorang dikagetkan dengan berita pada salah satu surat kabar yang sedang dia baca karena...
Index | |

SMS Dakwah Gratis Hari Ini

  • Penyebab Ketenangan Dalam Sholat Penyebab Ketenangan Dalam Sholat
     إِنَّ مِنْ تَوْقِيرِ الصَّلاةِ أَنْ تَأتِي قَبْلَ الإِقَامَةِ  Artinya: Sesungguhnya salah satu dari hal...
Index | |

Konsultasi Online

Al-Ustadz Husnul Yaqin, Lc
Al-Ustadz Amar Abdullah
Al-Ustadz Saed As-Saedy, Lc

Temukan Kami


Yayasan Al-Sofwa

Jl. Raya Lenteng Agung Barat No. 35
Kode Pos 12610
Jakarta Selatan - Indonesia

Contact Us

Phone : 62-21-78836327
Fax : 62-21-78836326
e-mail : info@alsofwah.or.id

Statistik