Situs Dakwah & Informasi Islam
Penjelasan Hadits

Pendek Angan

angan

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ أَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمَنْكِبِي فَقَالَ كُنْ فِي الدُّنْيَا كَأَنَّكَ غَرِيبٌ أَوْ عَابِرُ سَبِيلٍ وَكَانَ ابْنُ عُمَرَ يَقُولُ إِذَا أَمْسَيْتَ فَلَا تَنْتَظِرْ الصَّبَاحَ وَإِذَا أَصْبَحْتَ فَلَا تَنْتَظِرْ الْمَسَاءَ وَخُذْ مِنْ صِحَّتِكَ لِمَرَضِكَ وَمِنْ حَيَاتِكَ لِمَوْتِكَ 

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam memegang kedua pundakku seraya bersabda, “jadilah kamu di dunia ini seakan-akan orang asing atau seorang musafir’.” Dan Ibnu Umar radiallahu’anhu berkata, “jika kamu berada di sore hari, janganlah menunggu pagi hari, dan jika kamu berada di pagi hari, janganlah menunggu sore hari. Pergunakanlah kesempatan masa sehatmu sebelum sakitmu, dan dari masa hidupmu sebelum matimu.” (HR.al-Bukhari).

Kandungan Hadits:

1. Manusia seharusnya tidak menjadikan dunia sebagai tempat bermukim, berdasarkan sabda beliau (jadilah kamu di dunia ini seakan-akan orang asing atau seorang musafir)

2. Orang yang berakal itu, selagi masih hidup dan segar bugar, seharusnya berkeinginan untuk beramal sebelum mati yang menyebabkan amalnya terputus.

3. Pendidik semestinya melakukan sebab-sebab yang dapat menggguagah orang yang diajaknya berbicara, karena nabi shallahu ‘alaihi wa sallam memegang pundak Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma.

4. Keutamaan Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhuma, di mana ia terkesan dengan nasihat dari Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam ini.

(Sumber: Syarh Matn Arba’in An-Nawawi, Syekh ‘Utsaimin, terjemah. penerbit Darul Haq Jakarta Hal: 157 

Leave a Reply

Artikel Terpopuler

Senyum Hari Ini

  • Berita Kematian Berita Kematian
    Seseorang dikagetkan dengan berita pada salah satu surat kabar yang sedang dia baca karena...
Index | |

SMS Dakwah Gratis Hari Ini

  • Penyebab Ketenangan Dalam Sholat Penyebab Ketenangan Dalam Sholat
     إِنَّ مِنْ تَوْقِيرِ الصَّلاةِ أَنْ تَأتِي قَبْلَ الإِقَامَةِ  Artinya: Sesungguhnya salah satu dari hal...
Index | |

Konsultasi Online

Al-Ustadz Husnul Yaqin, Lc
Al-Ustadz Amar Abdullah
Al-Ustadz Saed As-Saedy, Lc

Temukan Kami


Yayasan Al-Sofwa

Jl. Raya Lenteng Agung Barat No. 35
Kode Pos 12610
Jakarta Selatan - Indonesia

Contact Us

Phone : 62-21-78836327
Fax : 62-21-78836326
e-mail : info@alsofwah.or.id

Statistik