Situs Dakwah & Informasi Islam
Iman

Tanda-Tanda Kiamat

kiamatEdisi Th. XVIII No. 919/ Jum`at III/Sya’ban 1434 H/ 21 Juni 2013 M.

Segala puji bagi Allah Ta’ala yang telah berfirman, artinya, “Maka sesungguhnya telah datang (hari Kiamat) tanda-tandanya.” (QS.Muhammad: 18)

Pembaca yang budiman…

Tanda-tanda Kiamat (Asyrath as-Sa’ah) adalah indikasi-indikasi Kiamat yang mendahuluinya dan menunjukkan kedekatan waktunya. Di antaranya yaitu;

1. Diutusnya Nabi Shalallahu ‘alaihi Wasalam

Anas Radhiyallahu ‘anhu berkata, “Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “(Masa) diutusnya aku dan (hari terjadinya) Kiamat seperti dua (jari) ini’.” Anas Radhiyallahu ‘anhu berkata, “Dan beliau Shalallahu ‘alaihi wasallam merapatkan jari telunjuk dengan jari tengahnya.” (HR. Muslim).

2. Wafatnya Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam

Dari ‘Auf bin Malik Radhiyallahu ‘anhu ia berkata, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

اعْدُدْ سِتًّا بَيْنَ يَدَيِ السَّاعَةِ: وَذَكَرَ مِنْهَا: مَوْتِي

“Hitunglah enam (tanda) menjelang datangnya hari Kiamat …” dan beliau Shalallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan di antaranya,‘Kematianku’.” (HR. al-Bukhari).

3. Penaklukan Baitul Maqdis

Dalam hadits ‘Auf bin Malik Radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

 اعْدُدْ سِتًّا بَيْنَ يَدَيِ السَّاعَةِ: فَذَكَرَ مِنْهَا: فَتْحُ بيتِ المقدس

“Hitunglah enam (tanda) menjelang datangnya hari Kiamat …’ dan beliau Shalallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan di antaranya: ‘Penaklukan Baitul Maqdis’.” (HR. al-Bukhari).

4. Wabah Tha’un ‘Amwas

Masih dalam hadits ‘Auf bin Malik Radhiyallahu ‘anhu sebelumnya, beliau bersabda,

اعْدُدْ سِتًّا بَيْنَ يَدَيِ السَّاعَةِ:فَذَكَرَ مِنْهَا: ثُمَّ مُوتَانٌ يأخذ فيكم كَقُعَاصِ الغنم

“Hitunglah enam (tanda) menjelang datangnya hari Kiamat ……...’ dan beliau Shalallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan di antaranya: ‘Kemudian banyaknya kematian yang menimpa kalian bagaikan penyakit (qu’ash) kambing’.” (HR. al-Bukhari).

Qu’ash adalah penyakit yang menyerang hewan-hewan ternak. Ia menjangkitkan sesuatu (wabah) melalui kedua lubang hidung, lalu (hewan-hewan yang terjangkit) mati mendadak.

5. Berlimpahnya Harta dan Sulit Membayar Sedekah

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda,“Tidak akan terjadi hari Kiamat hingga harta benda banyak pada kalian, lalu melimpah ruah, sampai-sampai menyusahkan pemilik harta (mencari) orang yang menerima sedekah darinya, dan seorang dipanggil (untuk) menghadapnya, lalu dia berkata, ‘Aku tidak memiliki keperluan terhadapnya’.” (HR. al-Bukhari dan Muslim).

6. Munculnya Beragam Fitnah

Al-Fitan bentuk plural dari fitnah, berarti cobaan dan ujian. Kemudian (kata ini) banyak digunakan untuk setiap hal yang mengandung ujian yang dibenci.

Dalam hadits dari Abu Musa al-Asy’ary Radhiyallahu ‘anhu beliau berkata, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya menjelang datangnya hari Kiamat (terjadi) banyak fitnah, bagaikan potongan malam yang gelap gulita. Seseorang yang di pagi hari dalam keadaan beriman, dan di sore harinya menjadi kafir. (Ada) yang di sore harinya dalam keadaan beriman, dan di pagi harinya menjadi kafir. ..(hingga sabda beliau): Jika (rumah) salah seorang dari kalian dimasuki (fitnah), maka jadilah seperti yang terbaik dari kedua anak Adam (yakni: Habil).” (HR. Imam Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan al-Hakim dalam al-Mustadrak.)

7. Fenomena Nabi Palsu

Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidak akan terjadi hari Kiamat hingga dibangkitkan ‘para dajjal (pendusta)’ yang (jumlahnya) mendekati tiga puluh, semuanya mengaku bahwa mereka adalah utusan Allah (Rasulullah).”(HR.al-Bukhari dan Muslim)

8. Munculnya Api di Hijaz

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidak akan terjadi hari Kiamat sampai api keluar dari tanah Hijaz yang menerangi leher-leher unta di Bashra.”

9. Hilangnya Amanat

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu menuturkan, Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Jika amanat telah disia-siakan, maka tunggulah Kiamat.’ Abu Hurairah bertanya, ‘Wahai Rasulullah, bagaimana amanat itu disia-siakan?’ Beliau Shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, ‘Jika urusan diserahkan kepada selain ahlinya, maka tunggulah Kiamat!’.” (HR. al-Bukhari)

10. Diangkatnya Ilmu dan Banyaknya Kebodohan

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Di antara tanda-tanda Kiamat adalah ilmu dihilangkan dan kebodohan diteguhkan’.”

11. Merebaknya Perzinaan

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya di antara tanda-tanda Kiamat adalah …’ dan beliau Shalallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan di antaranya: ‘Merebaknya perzinaan’.”

12. Riba Merajalela

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sungguh akan datang suatu zaman pada manusia, seseorang tidak peduli (lagi) dengan (status) kehalalan atau keharaman harta yang ia peroleh” (HR.al-Bukhari)

13. Maraknya Minuman Keras (Khamer) dan Dianggapnya Halal

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Di antara tanda-tanda Kiamat adalah…..’ dan beliau Shalallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan di antaranya: ‘(Maraknya) minuman khamer’.” (HR.Muslim)

14. Maraknya Pembunuhan

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidak akan datang hari Kiamat hingga banyak al-harj.” Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah al-harj itu?” Beliau Shalallahu ‘alaihi wasallam menjawab, “Pembunuhan, pembunuhan.” (HR. Muslim).

15. Zaman Semakin Singkat

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidak akan terjadi hari Kiamat hingga zaman semakin singkat, maka jadilah setahun bagaikan sebulan, sebulan bagaikan sepekan, sepekan bagaikan sehari, sehari bagaikan sejam, dan sejam bagaikan seperti terbakarnya pelepah pohon kurma (cepat sekali, pent.).” (HR. Ahmad, at-Tirmidzi, dan al-Albani menshahihkannya).

16. Menjamurnya Fahsya (Perbuatan dan Ucapan Keji), Pemutusan Silaturahim, dan Buruknya Hubungan Bertetangga

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidak akan terjadi hari Kiamat hingga muncul (banyak) perbuatan dan perkataan keji, pemutusan silaturahim, dan jeleknya hubungan bertetangga.” (HR.Ahmad dan al-Hakim)

17. Orangtua Bergaya Anak Muda

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Akan ada di akhir zaman satu kaum yang menyemir rambut mereka dengan warna hitam bagaikan dada burung merpati, mereka tidak akan pernah mencium harumnya Surga’.” (HR. Ahmad)

18. Banyaknya Peristiwa Gempa Bumi

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidak akan terjadi hari Kiamat hingga terjadi banyak peristiwa gempa bumi.” (HR. al-Bukhari)

Demikianlah beberapa tanda-tanda kiamat yang bisa kami sebutkan, dan masih ada beberapa tanda yang lainnya. Namun, karena keterbatasan tempat yang tersedia, kami tidak bisa menyebutkannya. Sungguh telah dekat saat terjadinya kiamat. Namun, pastinya kapan kiamat itu terjadi? Maka kita katakan, “Allahu a’lam” (hanya Allahlah yang tahu) karena Allah Ta’ala menyatakan dalam firman-Nya,

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ

Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia”  (QS.al-A’raf : 187)  (Redaksi)

 

[Sumber: Mukhtashar Asyrathu as-Sa’ah ash-Shughra wal Qubra, ‘Awadh bin ‘Ali bin ‘Abdullah. Diberi pengantar oleh Syaikh Abdullah bin Abdurrahman al-Jibrin Rahimahullah ]

 

Leave a Reply

Artikel Terpopuler

Senyum Hari Ini

  • Berita Kematian Berita Kematian
    Seseorang dikagetkan dengan berita pada salah satu surat kabar yang sedang dia baca karena...
Index | |

SMS Dakwah Gratis Hari Ini

  • Penyebab Ketenangan Dalam Sholat Penyebab Ketenangan Dalam Sholat
     إِنَّ مِنْ تَوْقِيرِ الصَّلاةِ أَنْ تَأتِي قَبْلَ الإِقَامَةِ  Artinya: Sesungguhnya salah satu dari hal...
Index | |

Konsultasi Online

Al-Ustadz Husnul Yaqin, Lc
Al-Ustadz Amar Abdullah
Al-Ustadz Saed As-Saedy, Lc

Temukan Kami


Yayasan Al-Sofwa

Jl. Raya Lenteng Agung Barat No. 35
Kode Pos 12610
Jakarta Selatan - Indonesia

Contact Us

Phone : 62-21-78836327
Fax : 62-21-78836326
e-mail : info@alsofwah.or.id

Statistik