Situs Dakwah & Informasi Islam
Sirah Nabawiyah

Yang Populer Namun Tidak Shahih Dalam Sirah Nabi:”Penantian Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam Terhadap Seorang Laki-laki Selama Tiga Hari”

Dan di antara kisah yang masyhur di dalam Sirah (Sirah Nabawiyyah) adalah apa yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dari ‘Abdullah bin Abi al-Hamsaa’radhiyallahu ‘anhu dia berkata:

بَايَعْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِبَيْعٍ قَبْلَ أَنْ يُبْعَثَ وَبَقِيَتْ لَهُ بَقِيَّةٌ فَوَعَدْتُهُ أَنْ آتِيَهُ بِهَا فِي مَكَانِهِ فَنَسِيتُ ثُمَّ ذَكَرْتُ بَعْدَ ثَلَاثٍ فَجِئْتُ فَإِذَا هُوَ فِي مَكَانِهِ، فَقَالَ: يَا فَتًى لَقَدْ شَقَقْتَ عَلَيَّ أَنَا هَاهُنَا مُنْذُ ثَلَاثٍ أَنْتَظِرُكَ

” Dahulu aku pernah membeli sesuatu dari Nabi sebelum beliau diutus menjadi Nabi. Dan beliau masih mempunyai sisa bayaran/harga (yang harus aku bayar), maka aku menjanjikan kepadanya untuk datang melunasinya di tempat tersebut. Lalu aku lupa dan baru ingat setelah tiga hari. Lalu aku datang menemui beliau, dan ternyata beliau ada di tempat tersebut. Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:”Wahai anak muda, engkau telah memberatkan diriku, aku di sini selama tiga (hari) untuk menunggumu.”

Imam Abu Dawud telah meriwayatkan hadits ini dari jalur Ibrahim bin Thahman dari Budahil dari ‘Abdul Karim dari (bin) ‘Abdullah bin Syaqiq dari bapaknya dari ‘Abdullah bin Abi al-Hamsaa’ radhiyallahu ‘anhu.

Dan perbedaan pendapatnya adalah, apakah ia ‘Abdul Karim dari ‘Abdullah atau Abdul Karim bin ‘Abdullah? Abu Dawud rahimahullah berkata:”Berkata Muhammad bin Yahya (adz-Dzuhliy, Syaikh/gurunya Abu Dawud di dalam hadits ini):’ Ini yang ada pada kami adalah ‘Abdul Karim bin ‘Abdullah bin Syaqiq.’”

Abu Dawud rahimahullah berkata:” Beginilah riwayat itu sampai kepada kami dari ‘Ali bin Abdullah.”

Al-Hafizh (Ibnu Hajar) rahimahullah berkata di dalam at-Taqriib (1/515):” ‘Abdul Karim bin ‘Abdullah bin Syaqiq al-‘Uqaili al-Bashriy adalah perawi yang Majhul (tidak dikenal).”

Dan beliau rahimahullah berkata dalam biografi Ibnu Abi al-Hamsaa’ di kitab at-Tahdzhiib (5/192):”Dia memiliki satu hadits yang diperselisihkan dalam status sanadnya, yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud.”

Imam adz-zahabi rahimahullah menyebutkan kisah tersebut dalam pembahasan Sirah di kitab beliau Tarikh al-Islam dan beliau menyandarkannya kepada Abu Dawud.

Al-‘Iraqiy rahimahullah di dalam kitab beliau Takhriij al-Ihyaa’ (4/1692) berkata:”Diriwayatkan oleh Abu Dawud dan diperselisihkan dalam sanadnya, dan Ibnu Mahdiy berkata:’Aku tidak menduga Ibrahim bin Thahmaan kecuali seorang yang salah (keliru).’”

Dan Syaikh al-Albani rahimahullah menyatakan bahwa hadits tersebut dha’if di dalam kitab Shahih Dha’if Sunan Abi Dawud (10/496) no hadts 4996

(Sumber:ما شاع ولم يثبت في السيرة النبوية hal. 20. Diterjemahkan dengan tambahan dan diposting oleh Abu Yusuf Sujono)

Leave a Reply

Artikel Terpopuler

    Senyum Hari Ini

    • Berita Kematian Berita Kematian
      Seseorang dikagetkan dengan berita pada salah satu surat kabar yang sedang dia baca karena...
    Index | |

    SMS Dakwah Gratis Hari Ini

    • Penyebab Ketenangan Dalam Sholat Penyebab Ketenangan Dalam Sholat
       إِنَّ مِنْ تَوْقِيرِ الصَّلاةِ أَنْ تَأتِي قَبْلَ الإِقَامَةِ  Artinya: Sesungguhnya salah satu dari hal...
    Index | |

    Konsultasi Online

    Al-Ustadz Husnul Yaqin, Lc
    Al-Ustadz Amar Abdullah
    Al-Ustadz Saed As-Saedy, Lc

    Temukan Kami


    Yayasan Al-Sofwa

    Jl. Raya Lenteng Agung Barat No. 35
    Kode Pos 12610
    Jakarta Selatan - Indonesia

    Contact Us

    Phone : 62-21-78836327
    Fax : 62-21-78836326
    e-mail : info@alsofwah.or.id

    Statistik