Situs Dakwah & Informasi Islam
Arsip Akhbar

Pemerintah Tetapkan Puasa Dimulai 21 Juli 2012 M.

Kementerian Agama Republik Indonesia akhirnya memutuskan penetapan awal Ramadan 1433 H jatuh pada hari Sabtu, 21 Juli 2012. Ini berbeda dengan penghitungan Muhammadiyah, yang menetapkan 1 Ramadan pada Jumat esok.

“Hilal tidak bisa dilihat (hari ini), oleh karenanya 1 Ramadhan jatuh pada hari Sabtu 21 Juli,” kata Menteri Agama RI Suryadharma Ali saat menggelar sidang isbath di kantor Kemenag, Jakarta, Kamis 19 Juli 2012.

Suryadharma mengatakan penetapan jatuhnya awal Ramadhan ini berdasarkan laporan rukyah yang dilakukan semua Kanwil dan kantor Kemenag Kabupaten Kota. Dalam pelaksanaan rukyah, Kemenag juga melibatkan pengadilan agama, mahkamah syariah, ormas Islam dan tokoh-tokoh masyarakat.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Ahmad Jauhari, juga menjelaskan bahwa dari hasil ijtima yang jatuh pada hari Kamis pukul 11.24 WIB, posisi hilal 0 sampai 1 derajat, takmir standar Indonesia. “Maka 1 Ramadhan, jatuh pada hari Sabtu legi,” ujar Jauhari.

Dari surat edaran yang dilakukan oleh sejumlah ormas Islam, mereka sepakat bahwa awal Ramadan jatuh pada hari Sabtu 21 Juli. Namun Dewan Pimpinan Muhammadiyah dan Front Pembela Islam menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada hari Jumat kliwon.

Dilanjutkan Jauhari, bahwa hasil laporan rukyat yang masuk ke Kemenag sebanyak 38 tempat. Sebaran daerahnya meliputi Papua Barat, NTB, Bali, Kalimantan Tengah dan Timur, Sulawesi Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Tengah dan Sukabumi. “Semuanya menyatakan tidak melihat hilal,” ujar Jauhari.

[Sumber: http://us.nasional.news.viva.co.id]

Leave a Reply

Artikel Terpopuler

    Senyum Hari Ini

    • Berita Kematian Berita Kematian
      Seseorang dikagetkan dengan berita pada salah satu surat kabar yang sedang dia baca karena...
    Index | |

    SMS Dakwah Gratis Hari Ini

    • Penyebab Ketenangan Dalam Sholat Penyebab Ketenangan Dalam Sholat
       إِنَّ مِنْ تَوْقِيرِ الصَّلاةِ أَنْ تَأتِي قَبْلَ الإِقَامَةِ  Artinya: Sesungguhnya salah satu dari hal...
    Index | |

    Konsultasi Online

    Al-Ustadz Husnul Yaqin, Lc
    Al-Ustadz Amar Abdullah
    Al-Ustadz Saed As-Saedy, Lc

    Temukan Kami


    Yayasan Al-Sofwa

    Jl. Raya Lenteng Agung Barat No. 35
    Kode Pos 12610
    Jakarta Selatan - Indonesia

    Contact Us

    Phone : 62-21-78836327
    Fax : 62-21-78836326
    e-mail : info@alsofwah.or.id

    Statistik