Situs Dakwah & Informasi Islam
Thaharah

Cara Membedakan Darah, Apakah Haid Atau Flek..?

Oleh: Ustadz Izzudin Karimi, Lc

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh.

Saya ingin ikut diskusi karena saya juga ada problem mengenai flek saya haid tidak teratur kalo minum obat bisa lancar haid kalo ga minum ya mandek terus kalo keluar flek itu kecoklatan terkadang ada darah dikit tapi tidak berbau saya bingung kadang keluar kadang enggak nanti 2 hari keluar terus beberapa hari kemudian keluar dan tidak rutin saya bisa lama meninggalkan sholat kalo seperti ini. Mohon bantuan penjelasannaya

Wa’alaikumussalam wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh> iin

Hormat Kami: Iin

Jawaban:

Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah. Shalawat dan salam kepada Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Amma ba’du.

Jangan meninggalkan shalat lama-lama, karena hal itu sebagaimana yang dikatakan oleh Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa sallam merupakan usikan setan, ia mengacaukan kondisi haid Anda sehingga Anda bingung dan bisa meninggalkan shalat karenanya.

Flek yang terjadi pada wanita tidak lepas dari dua kemungkinan: terjadi di masa haid atau di luar masa haid. Bila yang pertama maka ia haid, bila yang kedua maka ia bukan haid. Kondisi Anda yang terkadang mendapatkan darah, maka kalau benar apa yang Anda katakan bahwa darah tersebut tidak berbau maka sepertinya ia bukan darah haid, karena darah haid sudah dimaklumi bukan demikian. Permasalahan Anda adalah bagaimana menetapkan flek tersebut terjadi di masa haid sehingga ia dihukumi haid atau di luar masa haid sehingga dihukumi bukan haid?

Saya bertanya, apakah sebelum kondisi ini Anda memiliki jadwal haid yang rutin? Bila ya, maka jadikan jadwal tersebut sebagai pijakan, maksudnya saya jadikan masa tersebut sebagai masa haid, dan Anda meninggalkan shalat, puasa dan lainnya dan setelahnya adalah masa suci.

Bila tidak maka cobalah membedakan darah melalui ciri-cirinya: warna dan baunya, Anda tentu lebih tahu dalam hal ini, bila sama dengan darah haid maka tetapkan masa tersebut sebagai masa haid namun bila sebaliknya maka anggap masa itu sebagai masa suci sekalipun mungkin Anda melihat flek. Bila Anda tidak bisa membedakan, maka berpedomanlah kepada wanita-wanita di dekat Anda, ibu, saudara, bibi, keponakan atau sepupu. Shalawat dan salam kepada Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa sallam.

Wassalamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh.

Artikel Terkait:
1. Wanita dan Thaharah
2. Darah Kebiasaan Wanita

Leave a Reply

Artikel Terpopuler

    Senyum Hari Ini

    • Berita Kematian Berita Kematian
      Seseorang dikagetkan dengan berita pada salah satu surat kabar yang sedang dia baca karena...
    Index | |

    SMS Dakwah Gratis Hari Ini

    • Penyebab Ketenangan Dalam Sholat Penyebab Ketenangan Dalam Sholat
       إِنَّ مِنْ تَوْقِيرِ الصَّلاةِ أَنْ تَأتِي قَبْلَ الإِقَامَةِ  Artinya: Sesungguhnya salah satu dari hal...
    Index | |

    Konsultasi Online

    Al-Ustadz Husnul Yaqin, Lc
    Al-Ustadz Amar Abdullah
    Al-Ustadz Saed As-Saedy, Lc

    Temukan Kami


    Yayasan Al-Sofwa

    Jl. Raya Lenteng Agung Barat No. 35
    Kode Pos 12610
    Jakarta Selatan - Indonesia

    Contact Us

    Phone : 62-21-78836327
    Fax : 62-21-78836326
    e-mail : info@alsofwah.or.id

    Statistik